Berita

Pangkoopsau I tutup Latihan Puncak Jalak Sakti 2011

Dibaca: 5 Oleh 26 Jul 2011Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Panglima Komando Oparasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Sunaryo selaku Pimpinan Umum Latihan, telah menutup Latihan Puncak Antar Satuan jajaran Koopsau I yang bersandi “Jalak Sakti 2011” di AWR Buding Lanud Tanjung Pandan, Selasa (26/7) setelah beberapa saat sebelumnya menyaksikan maneuver lapangan (Manlap) di kawasan AWR Buding Lanud Tanjung Pandan, Bangka Belitung.

Rangkaian kegiatan Latihan Jalak Sakti diawali dengan Gladi Posko yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juli 2011 lalu di Makoopsau I dan satuan jajaran yang dijadikan sebagai Satuan Pelaksana Operasi Udara (Satlakopsud) yang meliputi Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Atang Sanjaja Bogor, Lanud Pekanbaru, Lanud Supadio Pontianak dan Wing I Paskhas Jakarta, dan dilanjutkan Manuver Lapangan yang berlangsung di AWR Buding Lanud Tanjung Pandan, Bangka Belitung pada tanggal 25-26 Juli 2011.

Dalam sambutannya Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo mengatakan bahwa latihan Puncak Antar Satuan yang bersandi Jalak Sakti 2011 ini dapat dikatakan cukup berhasil, walaupun masih ditemui beberapa kekurangan karena adanya keterbatasan. Keberhasilan latihan Jalak Sakti ini dapat kita capai berkat kerja keras dan ditunjang oleh kemampuan profesionalisme serta keterpaduan dan dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan latihan, baik dari staf Markas Komando maupun Lanud jajaran Koopsau I.

Baca juga:  LANUD REMBIGA LATIHAN MENEMBAK

Dalam latihan kali ini di skenariokan bahwa Negasor akan melaksanakan invasi ke Pulau Natuna pada awal tahun 200k dan tugas Koopsau I beserta jajaran adalah melaksanakan operasi udara guna menghancurkan dan menetralisir kekuatan udara musuh serta mendukung kotama operasi lainnya dengan melaksanakan operasi udara strategis, operasi dukungan udara dan operasi informasi mulai hari ”H” jam ”J” pada kurun waktu Juli 200k di wilayah Natuna untuk merebut kembali Lanud Ranai guna mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latihan puncak Jalak Sakti 2011 ini melibatkan berbagai macam jenis pesawat dari beberapa Skadron Udara jajaran Koopsau I yang meliputi : 8 pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak dan Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru, 3 pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, 2 pesawat Fokker F-27 dari Skadron udara2 Lanud Halim P, dan 2 pesawat Hellikopter jenis Super Puma/Puma dari Skadron Udara 6 dan 8 Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor serta melibatkan satu Batalyon Paskhas dari Batalyon 461 Paskhas Wing 1 Halim Perdanakusuma.

Baca juga:  Komandan Lanud J.B. Soedirman Himbau Personilnya Manfaatkan Lahan Kosong Utuk Ketahanan Pangan

Pada acara Latihan Manouver Lapangan Jalak Sakti 2011, selain disaksikan para Pejabat dilingkungan TNI AU, turut hadir Wakil Gubernur Babel Bpk. Samsudin Basar, Ketua DPRD Prop. Babel, Bpk. Ismiyardi, Kapolda Babel Brigjen Pol M. Rum Murkal, Danrem 014 Garuda Jaya Kol. Czi Gunung dan Ketua Koni Prop. Babel Bpk. Suhadli Tagor.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel