Berita

Pangkoopsau II Ajak Keluarga Besar Lanud Abd Saleh Bijak Bermedsos

Pangkoopsau II Ajak Keluarga Besar Lanud Abd Saleh Bijak Bermedsos
#TNIAU 

TNI AU.  Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsda TNI Donny Ermawan T., MDS, dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja (kuker) ke Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Kamis (24/10).  Dalam kukernya Pangkoopsau II yang disambut pejabat Lanud Abdulrachman Saleh di hanggar Skadron Udara 32 seperti Danlanud Marsma TNI Hesly Paat, Danwing 2 Kol Pnb Eko Sujatmiko, para kepala dinas, para komandan satuan dan pejabat lainnya.  Kegiatan pertama Pangkoopsau II adalah memberikan pengarahan kepada lebih dari 1400 personel keluarga besar Lanud Abdulrachman Saleh terdiri dari prajurit, Wara, Ibu-ibu PIA Ardhya Garini, guru Sekolah Angkasa, Kader Posyandu, Warakawuri, PNS dan anggota Lanud Abdulrachman Saleh.

Sebelumnya dalam amanat penyambutannya Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat, menyampaikan beberapa pencapaian Lanud Abdulrachman Saleh juga segenap personel dan insubnya dalam pelaksanaan tugasnya di tahun 2019.  Dalam sambutan tersebut, diselingi pula dengan yel-yel dari segenap anggota Lanud Abdulrachman Saleh yang menggemuruhkan hanggar Skadron Udara 32.

Pangkoopsau II  Marsda TNI Donny Ermawan dalam arahannya melalui paparan berjudul “Media Sosial, Karakter dan Keluarga,” mengenalkan manfaat dan kerugian bermedia sosial dengan smart phone. Dijelaskan seiring perkembangan zaman, handphone kian luas kepemilikannya dan kian pintar aplikasinya. Sehingga umumnya semua orang yang punya handphone telah terhubung dengan internet atau media sosial (medsos). Untuk itu,  agar tidak terjerumus kepada kerugian bermedsos harus tahu keuntungan dan kerugiannya. Dalam pengarahannya dengan mendekati audience dan melakukan tanya jawab, Pangkoopsau II menjelaskan hal-hal penting bermedsos seperti jejak digital yang tidak hilang, berita bohong (hoax), fakta dan opini,  perlunya sikap kritis dan menghadapi kebencian.  Ditekankan sebagai anggota TNI yang diikat dengan berbagai aturan, diharapkan kepada keluarga besar Lanud Abdulrachman Saleh bijak dalam arti kritis bermedsos agar tidak terjerumus dalam kerugian.

Mengenai karakter, Pangkoopsau II menekankan karakter merupakan sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia. Dengan memiliki karakter yang baik orang akan cenderung sukses dalam hidupnya. Selain perlu memiliki karakter baik seperti kejujuran, disiplin, relasi dan lainnya, kita juga harus membangun karakter sesuai yang diajarkan agama. Namun saat ini dalam beragama diharapkan anggota untuk mewaspadai radikalisme agama agar kehidupannya tidak tergelincir.

 Sebagai keluarga TNI, Pangkoopsau II mengingatkan tiap kepala keluarga untuk dapat membawa keluarganya ke arah yang baik, karena keluarga yang harmonis akan berpengaruh dalam kedinasan. Untuk itu, hendaknya bijak dalam bermedsos, membentuk karakter/pendidikan agama, hidup sederhana, mewaspadai narkoba, hidup sehat dan lainnya.

 Selain paparan dari Pangkoopsau II, anggota Lanud Abdulrachman Saleh juga menerima pengarahan dari Kepala Hukum Koopsau II Letkol Sus Dahlan Simanjuntak, S.H.,MSi., tentang Sangsi Hukum Bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Terkait Pelanggaran Penggunaan Medsos. Ibu-ibu PIA Ardhya Garini juga mendapat pencerahan dari Ketua Daerah II PIA Ardhya Garini Nyonya Donny Ermawan.

 Rangkaian Kuker Pangkoopsau II selanjutnya antara lain adalah menerima paparan dari Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat tentang Permasalahan Lanud Abdulrachman Saleh, menerima paparan Danskadron Udara 32 tentang Visi dan Misi Skadron Udara 32, kuker ke Skatek 022 dan Skadron Udara 32.  Kuker Pangkoopsau II didampingi oleh pejabat Makoopsau II, Makasar.  Sedangkan Ketua Pengurus Daerah II PIA Ardhya Garini Nyonya Donny Ermawan dan staf juga melaksanakan Kuker ke kantor cabang PIA Ardhya Garini Cabang Lanud Abdulrachman Saleh dan peninjauan ke Sekolah-sekolah Angkasa di Lanud Abdulrachman Saleh.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel