Koopsau 2

Pangkoopsau II Pimpin Serah Terima Jabatan

Oleh 29 Apr 2019 No Comments
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Komandan Lanud Anang Busra Tarakan dari  Kolonel PNB Mochammad  Arifin, S.T., Kepada Kolonel PNB Heri Kris Drihandaka, S.Sos., M.M., Komandan Lanud Iskandar dari Letkol PNB Ade Fitra kepada Letkol PNB Didik Setiya Nugroho, S.E., M. Han., dan Komandan Denma Koopsau II dari Letkol Kal Muhammad Taha, S.E., kepada Letkol Sus Pedro Risaveld Siegers, S.Pi., bertempat di Gedung Serba Guna Suryadi Surya Dharma Makoopsau II Makassar, Senin, (29/4).

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Kas Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro, Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Hendrikus Haris Haryanto, S.IP.,  Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Henri Alfiandi, Wakil Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Andi Kustoro dan Pengurus PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II,  Para Pejabat Makoopsau II, Para Pejabat Lanud Sultan Hasanuddin, Pejabat Kosekhanudnas II, dan Personel Makoopsau II baik militer maupun pegawai negeri sipil.

Dalam sambutannya Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa alih tugas dan alih jabatan bertujuan untuk mendinamisasikan organisasi yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan. Dari alih tugas dan alih   jabatan   diharapkan  akan  muncul gagasan-gagasan  baru yang akan memberikan suasana segar dalam tubuh  organisasi, sehingga akan dapat memacu pencapaian tugas secara lebih optimal. Di lingkungan TNI AU, sertijab seperti yang baru saja kita saksikan bersama, merupakan hal yang wajar, dilaksanakan    secara     terencana, teratur dan berkesinambungan. selain untuk dinamisasi  organisasi, sertijab  juga  merupakan  bagian dari tour of area dan tour  of duty  dan sekaligus ajang pembinaan karier yang lebih tinggi bagi pejabat  yang bersangkutan. Dari sisi pembinaan personel, sertijab adalah merupakan cermin keberhasilan penyelenggaraan fungsi pembinaan personel dan tenaga manusia secara berlanjut dan berkesinambungan yang sekaligus juga   menjamin berlangsungnya proses regenerasi kepemimpinan.

Lebih Lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa Lanud Anang Busra yang berada di kawasan Kalimantan tepatnya di Tarakan,  sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa wilayah Tarakan merupakan daerah yang  sangat strategis, selain berbatasan langsung     dengan negara tetangga Malaysia, wilayah tersebut juga    kaya    akan    sumber  daya alam, baik berupa hutan, laut maupun sumber mineral dan bahan tambang lainnya. oleh karena itu wajar saja, kalau daerah tersebut  sering menjadi tempat masuknya berbagai kepentingan, yang terkadang juga disusupi aktifitas ilegal   dari kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab, seperti kegiatan ilegal loging, ilegal fishing maupun ilegal mining. Menyikapi hal tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan secara terencana dan terkoordinasi  yang melibatkan berbagai unsur  terkait termasuk dengan masyarakat. Oleh karena itu saya harapkan kepada Danlanud Anang Busra yang baru agar waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan, karena Lanud Anang Busra menjadi ujung tombak pelaksanaan operasi udara yang dilaksanakan  di daerah Tarakan, baik operasi yang digelar TNI maupun TNI Angkatan Udara.

Begitu juga dengan Lanud Iskandar sebagai salah satu Pangkalan TNI Angkatan Udara yang juga berada di wilayah Kalimantan, mempunyai peran yang besar dalam mendukung terlaksananya     tugas       operasi udara yang digelar oleh Koopsau II, disamping melaksanakan tugas pokoknya sebagai penegak kedaulatan negara di wilayah udara maka Lanud Iskandar juga harus bisa membantu pemerintah daerah dalam  percepatan pembangunan. Untuk itu saya mengharapkan kepada Danlanud Iskandar yang baru, bahwa keberadaan saudara sebagai Komandan Lanud Iskandar harus dapat menjaga persatuan dan kesatuan sehingga kebersamaan Prajurit TNI AU dengan masyarakat setempat dapat terjalin dengan baik.   Dengan terciptanya keharmonisan tersebut maka saya yakin akan tercipta pula suasana yang tenang dan tentram sehingga kita  dapat  lebih fokus dalam upaya melaksanakan tugas dan membantu pemerintah dalam pembangunan  daerah, ujar Henri Alfiandi.

Adapun Jabatan Komandan Denma,  bila dilihat fungsi, tugas dan tanggung jawabnya sangatlah penting khususnya dalam pembinaan kemarkasan, hal tersebut meliputi pembinaan dan pelayanan serta perawatan personel di lingkungan Makoopsau II.   Disamping itu juga melaksanakan perawatan sarana dan prasarana di Makoopsau II, dengan melihat pentingnya tugas – tugas Kemarkasan yang diemban oleh Dandenma maka saya mengharapkan kepada Dandenma yang baru,  laksanakanlah amanah ini dengan penuh tanggungjawab dan loyalitas yang tinggi, sehingga nantinya dapat mendorong terciptanya layanan prima di lingkungan Markas Koopsau II ini, dalam membantu terlaksananya tugas-tugas yang harus di selesaikan oleh Koopsau II. Pungkas Pangkoopsau II.

       Dalam rangkaian Sertijab Komandan Lanud Anang Busra Tarakan dan Komandan Lanud Iskandar juga diserah terimakan Jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 13/ D II Lanud Anang Busra dan Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Anang Busra dari Ny. Mochammad Arifin kepada Ny. Heri Kris Drihandaka dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D II Lanud Iskandar dan Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Iskandar dari Ny. Ade Fitra kepada Ny. Didik Setiya Nugroho yang disaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Henri Alfiandi beserta pengurus PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II.

Dalam Sambutannya Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Henri Alfiandi mengatakan bahwa PIA Ardhya Garini sebagai organisasi yang  bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga  Prajurit  TNI  Angkatan Udara, maka   PIA   Ardhya  Garini   Cabang 13/D II Lanud Anang Busra dan PIA Ardhya Garini Cabang 12/ D II Lanud Iskandar, dalam setiap penyusunan program   kerja,    harus mengacu pada anggaran dasar dan anggaran  rumah  tangga   organisasi.

Untuk itu Ny. Henri Alfiandi mengharapkan  Pengurus  PIA     Ardhya Garini Cabang 13 dan cabang 12, dalam menyusun program kerja agar lebih realistis dengan melihat kondisi dan situasi yang ada di lapangan, sehingga program kerja yang telah disusun benar-benar  dapat dilaksanakan serta memberikan manfaat bagi seluruh anggota khususnya, maupun masyarakat di sekitar Lanud masing.masing.

Terkait

Komentar