TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkoopsau II: “Setiap Perwira Tingkatkan Leadership dan Safety”

By 10 Jan 2019 Berita
HND_2273

TNI AU. Sebagai seorang pemimpin dalam memimpin satuannya harus memiliki visi dan misi serta sasaran yang ingin dicapai. Sebagai Pangkoopsau II, saya memiliki visi “Koopsau II yang unggul” dan misi “menjalankan tugas pokok ++” guna mencapai sasaran zero accident dan mission accomplished. Oleh karena itu, dalam menjalankan setiap kerja agar sesuai dengan visi, misi dan sasaran, pemimpin harus melaksanakan sesuai dengan planning, organizing, actuating dan controlling (POAC).

Demikian pengarahan Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi kepada seluruh perwira Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu (9/1) di ruang rapat Mako Lanud Sultan Hasanuddin, saat melaksanakan kunjungan kerja ke Lanud Sultan Hasanuddin, yang disambut langsung Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP. didampingi Komandan Wing Udara 5 Kolonel Pnb Hermawan Widhianto, S.E. beserta para Kepala Dinas.

Selanjutnya Pangkoopsau II menjelaskan planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan, dimana setiap pemimpin harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam organisasi. Organizing sebagai proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Actuating adalah implementasi rencana, dengan membuat urutan rencana menjadi tindakan nyata. Controlling memastikan bahwa kerja yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, apabila terjadi perbedaan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, maka seorang pemimpin harus mampu mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi untuk perbaikan.

“Sebagai pemimpin harus bisa menginspirasi orang lain (anggota), dapat menjadi contoh yang ideal untuk timnya, mampu menciptakan kerjasama dengan tim, mampu menghilangkan segala keegoan, saling pengertian terhadap perbedaan karakter, memiliki kreatifitas yang tinggi, serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan”, tambahnya.

Pangkoopsau II juga menyampaikan pentingnya budaya safety dalam rangka mencapai zero accident pada tahun 2019 dan pada tahun selanjutnya. Pangkoopsau II juga mengharapkan agar seluruh perwira dapat menanamkan pada diri sendiri budaya safety dalam setiap pelaksanaan kerja sehingga tercapai zero accident.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkoopsau II: “Setiap Perwira Tingkatkan Leadership dan Safety”