Berita

Pangkoopsau III Menegaskan: Aparat Intelijen Harus Peka Terhadap Perkembangan Lingstra

Dibaca: 90 Oleh 21 Jan 2020Tidak ada komentar
Aparat Intelijen Harus Peka Terhadap Perkembangan Lingstra
#TNIAU 

TNI AU.(Pen Koopsau III ). Dinamika dunia internasional saat ini yang diwarnai oleh hegemoni Amerika serikat telah mengalami pergeseran dengan kehadiranya  di mana kekuatan ekonomi dan militer hampir mendominasi di banyak kawasan dan benua. Selain, itu kekuatan dan pengaruh China di kawasan Asia Pasifik kini telah menjelma layaknya negara adi kuasa.  Hal tersebut disamapaikan oleh Panglima Komando Operasi (Koopsau) III Marsda TNI Andyawan.P., S. I.P. dalam amanat tertulisnya yang di bacakan oleh Asisten Intelijen Kas Koopsau III Kolonel Sus  Marta Gunawan S.Sos ketika membuka Latihan  Pra Tugas Operasi Intelijen Udara dengan sandi “Cakra Kuning” tahun 2020 di ruang audensi Makoopsau III Condro negoro  Biak, Senin (20/1).

Dikatakan lebih lanjut, oleh karena itu pada tahun 2020 Amerika serikat berencana akan fokus dari timur tengah ke Asia Pasifik dengan menempatkan 60% kekuatan militernya di negara-negara seperti Thailand, India, Singapura dan Australia. Dinamika dan perkembangan ini dapat berpengaruh terhadap perubahan konsep dan strategi pertahanan setiap negara-negara di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia terangnya.

Baca juga:  Wasrikkap Itjenau ke Lanud Abdulrachman Saleh

Selain itu konfigurasi ancaman tantangan hambatan dan gangguan dipastikan akan juga semakin kompleks terpolarisasi tidak saja dalam bentuk konvensional namun juga nonkonvensional antara lain seperti gangguan keamanan wilayah udara terorisme, separatis lalu lintas obat terlarang, perampokan dan kejahatan lintas negara termasuk globalisasi teknologi komunikasi banyak memberikan kemudahan bagi pelaku kegiatan dalam melakukan aksinya tegas Pangkoopsau III.

Sementar itu, Asisten Intelijen Kas Koopsau III Kolonel Sus  Marta Gunawan S.Sos. menambahkan, latihan Pratugas Operasi Intelijen Udara Cakra Kuning 20 T.A. 2020 ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel intelijen dengan cara berlatih.  Selain itu melalui latihan pratugas ini yang merupakan pembekalan yang diberikan sebelum melaksanakan tugas dengan harapan tugas yang akan dihadapi oleh Satgas Cakra Kuning 20 nantinya dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar demi terwujudnya insan intelijen yang professional.

Latihan Pratugas Operasi Intelijen Udara Cakra Kuning 20 T.A. 2020 diikuti sebanyak  6 orang peserta yang berasal dari Lanud jajaran Koopsau III dan akan berlangsung selama 4 hari kerja. Turut hadir dalam acara pembukaan Latihan Pratugas Operasi Intelijen Udara Cakra Kuning 20 T.A. 2020 ini antara lain, Paban VI Mintel, Kolonel Tek Wisnu Saputra (Ir Koopsau III) dan  beberapa Pejabat Koopsau III, , Kolonel Inf Ari Tri (Kasi Intel Korem), , Letkol Sus Arif Budi S (Pabandya Intelud Kosekhanudnas IV Biak), Avsec Bandara Biak, Intelijen Bea Cukai Biak, Lalintuskim Imigrasi Biak, Kasi Tikim Imigrasi, Inteldak Imigrasi, Pemerintahan Daerah Kabupaten Biak Serta Para anggota Intel daerah di jajaran Koopsau III Wilayah Papua.

Baca juga:  Visitasi dan Workshop Kurikulum Sekolah Angkasa Lanud Adisutjipto

Aparat Intelijen Harus Peka Terhadap Perkembangan Lingstra

Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan.P., S. I.P. yang diwakili oleh Asisten Intelijen Kas Koopsau III Kolonel Sus  Marta Gunawan S.Sos (kiri) ketika memasang ban lengan sebagai tanda di mulainya Latihan  Pra Tugas Operasi Intelijen Udara dengan sandi “Cakra Kuning” tahun 2020 di ruang audensi Makoopsau III Condro negoro  Biak, Senin (20/1).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel