Berita

Pangkoopsau III Tinjau Kesiapan Operasi Lanud Pattimura

Dibaca: 10 Oleh 14 Nov 2021Tidak ada komentar
IMG 20211113 WA0001
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara III (Pangkoopsau III), Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han), mengawali tugasnya sebagai pimpinan Koopsau III (setelah dilantik di Mabesau Cilangkap – Jakarta, pada 23-09-2021), Pangkoopsau III melakukan kunjungan kerja ke Lanud-Lanud jajaran Koopsau III, salah satu diantaranya menyambangi Lanud Pattimura, Ambon.

Kedatangan Pangkoopsau III beserta rombongan dengan pesawat AI-7303 (Boeing 737-200) Skadron Udara 5 Makasssar, disambut oleh Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) beserta jajaran, dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura Ny. Elisabeth Dhewo beserta para pengurus di Base Ops Lanud Pattimura, dengan disertai oleh tari kreasi untuk penyambutan yang dikolaborasi dengan lagu Hio-Hio khas dari Ambon (Maluku), sebagai bentuk seni tarian khas Maluku untuk penyambutan tamu atau pemimpin yang akan datang ke Maluku, yang disuguhkan oleh siswa-siswi SD Angkasa Lanud Pattimura. (Kamis, 11-11-2021).

Kunjungan kerja Pangkoopsau III bersama dengan Kaskoopsau III, Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr (Han) beserta para pejabat Makoopsau III sekaligus melihat aset Lanud Pattimura dengan mengitari jalanan seputaran wilayah Negeri Laha, kemudian meninjau sarana dan prasarana baru Lanud Pattimura diantaranya Mess Pom Lanud Pattimura, Klinik Lanud Pattimura, Mess Pringgondani dan Gedung Mako Lanud Pattimura. Setelah itu dilanjutkan dengan acara paparan komando oleh Danlanud Pattimura serta pengarahan dari Pangkoopsau III, yang dilaksanakan di Pattimura Golf Course (PGC) Lanud Pattimura dan dihadiri oleh para perwira, bintara, tamtama dan PNS Lanud Pattimura.

Dalam sambutannya, Danlanud Pattimura menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kedatangan Pangkoopsau III beserta rombongan di Lanud Pattimura, “Kami atas nama segenap keluarga besar Lanud Pattimura mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas waktu dan kesempatan Pangkoopsau III yang sudah berkenan hadir di Lanud Pattimura. Kehadiran Panglima sungguh merupakan kebanggaan dan mempunyai arti penting bagi kami. Kami disini ibarat anak yang dikunjungi oleh bapaknya, hal itu merupakan kebanggaan serta kebahagiaan bagi kami keluarga besar Lanud Pattimura guna meningkatkan semangat dan kinerja para personel di Lanud Pattimura,”.

Baca juga:  Ujian Teori Pembuatan Sim TNI

Disamping itu, Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) melaporkan kepada Pangkoopsau III kondisi Lanud Pattimura beserta Pos lapangan terbang dibawah naungan Lanud Pattimura, “Kami laporkan bahwa Lanud Pattimura juga memiliki 4 Pos AU yaitu Pos AU Liang (± 70 ha), Pos Amahai (55 ha) di Pulau Seram, Pos Namlea (178,7 ha) di Pulau Buru, dan Pos Moa di Pulau Moa – Kab. Maluku Barat Daya (20 ha), serta Lanud Pattimura di Ambon yang semuanya dalam keadaan aman,”.

Dalam pengarahannya Pangkoopsau III menjelaskan bahwa, “Saya setelah diangkat menjabat sebagai Pangkoopsau III adakan kunjungan ke Lanud jajaran Koopsau III untuk mengetahui secara langsung bagaimana situasi dan kondisi Lanud jajaran yang menjadi tanggungjawab Koopsau 3. Saya ucapkan terimakasih kepada kalian semua yang sudah berdinas dengan baik di Lanud Pattimura. Tugas pokok kalian adalah menyiapkan pembinaan satuan operasi dan juga pemberdayaan wilayah,”.
Lebih lanjut Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han), menjelaskan mengenai atensi pimpinan mengenai penanganan aset bagi seluruh jajaran, “Saya berterimakasih sudah mendapatkan penjelasan yang cukup lengkap dari Komandan Lanud Pattimura tentang kondisi Lanud, terutama terkait dengan persoalan aset Lanud Pattimura. Ini memang jadi persoalan bagi kita semua, pimpinan kita Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk terus berupaya mengamankan aset yang kita miliki, baik secara fisik maupun secara non fisik melalui pensertifikatan tanah. Sehingga persoalan-persoalan yang selama ini muncul kedepan diharapkan sedikit demi sedikit kita kurangi. Memang butuh waktu dan kerja keras untuk itu, tapi ketika ada komitmen pastilah ada suatu cara yang bisa kita tempuh yang sesuai dengan persoalan yang sedang dihadapi di setiap Pangkalan. Pada saat rapat evaluasi Kasau memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Lanud-Lanud yang sudah berhasil mensertifikatkan tanah yang menjadi tanggungjawab Lanud-Lanud tersebut. Dan kita juga terus berupaya mendorong para komandan di satuan-satuan (Lanud) untuk melakukan upaya-upaya yang sama sehingga seluruhnya kita bisa bersertifikat,” jelas Pangkoopsau III kepada seluruh anggota Lanud Pattimura.

Baca juga:  Lanud Sultan Hasanuddin Patroli Udara Pantau Banjir

Koopsau III selalu mendukung penanganan aset yang dilakukan oleh Lanud jajarannya “Kami Koopsau III sebagai atasan langsung bagi Lanud jajaran di wilayah Indonesia timur memiliki tanggungjawab untuk memberikan dukungan secara hukum kemudian juga dukungan secara moril dan materiil terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh Lanud tentang persoalan penanganan aset”, cetus Pangkoopsau III.

Selain menjelaskan mengenai penanganan aset, Pangkoopsau III berpesan, “Gali potensi masing-masing personil untuk optimalkan giat kedinasan sehari-hari. Terus bangun semangat kerja yang baik antar lingkungan Lanud maupun kerjasama dengan satuan-satuan samping yang terkait. Naikkan capaiannya melalui inovasi, kerjasama, koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antar satuan maupun didalam satuan kerja. Jaga kesehatan masing-masing dan hindari pelanggaran sekecil apapun,” pesan Pangkoopsau III kepada seluruh anggota Lanud Pattimura.

Sebelum mengakhiri pengarahan, Pangkoopsau III memberi apresiasi kepada Lanud Pattimura, “Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian kalian semua selama bertugas di Lanud Pattimura. Berilah kemampuan dan capaian yang terbaik selama berdinas serta warnai satuan kalian dengan hal-hal yang baik dan positif. Mari kita semua berdoa semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dan bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Baca juga:  Sinar Mas Grup “Berguru” Medsos ke Dispenau

Kegiatan paparan komando tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata dan tali asih (berupa alat olahraga dan alat mesin potong rumput) secara simbolis dari Pangkoopsau III kepada Danlanud Pattimura.

Dalam rangkaian kunjungan kerja Pangkoopsau III, disertakan pula kunjungan kerja Ketua PIA Ardhya Garini Daerah III/Koopsau III, Ny. Wiwin Samsul Rizal bersama jajaran dengan mengunjungi sekolah Angkasa TK-SD-SMP-SMA yang berada di Lanud Pattimura, didampingi oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/Daerah III Lanud Pattimura Ny. Elisabeth Dhewo beserta para pengurus PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura.

Keesokan harinya, (Jumat, 12/11) Pangkoopsau III bersama Kaskoopsau III dan jajaran didampingi oleh Danlanud Pattimura beserta staf mengunjungi kegiatan Serbuan Vaksinasi Lanud Pattimura bagi masyarakat Maluku yang dilaksanakan di Sikes Lanud Pattimura. Turut hadir dalam peninjauan kegiatan vaksinasi, Ketua PIA Daerah III Ny. Wiwin Samsul Rizal bersama para pengurus dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura Ny. Elisabeth Dhewo beserta para pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud Pattimura juga menyampaikan hal-hal yang telah dilaksanakan oleh Lanud Pattimura kepada Pangkoopsau III, diantaranya mengenai kegiatan serbuan vaksinasi, “Lanud Pattimura menjadi institusi yang pertama dalam hal vaksinasi untuk usia remaja dan juga vaksinasi secara door to door di Provinsi Maluku,” ujar Danlanud Pattimura kepada Pangkoopsau III.

Setelah mengunjungi kegiatan vaksinasi tersebut, Pangkoopsau III beserta rombongan kembali menuju Mako Koopsau III di Biak, Papua.

IMG 20211113 WA0005

IMG 20211113 WA0002 1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel