TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkoopsau I Kuker Ke Lanud Atang Sendjaja

DSC_9632
DSC_9591

Pangkoopsau I, Marsda TNI Nanang Santoso, didampingi Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., saat memberikan pengarahan kepada para pejabat dan perwira staf Lanud Ats, Kamis (8/3).

TNI AU. Dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan tugas Lanud Atang Sendjaja sebagai Lanud yang berada dibawah jajaran Komando Operasi Angkatan Udara I, sekalgus silahturahmi dengan personel Lanud Ats, Pangkoopsau I, Marsda TNI Nanang Santoso beserta pejabat Koopsau I melaksanakan kunjungan kerja di Lanud Ats, hari ini, Kamis (8/3).

Kehadiran Pangkoopsau I dan rombongan diterima langsung oleh Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., dan para pejabat Lanud Ats, Danwingdikum dan pejabat dijajarannya, Dansatbravo, serta Muspida Kabupaten dan Kota Bogor. Setelah itu, Panglima dan rombongan menuju ke ruang rapat Mako Lanud Ats untuk memberikan pengarahan sekaligus menerima berbagai masukan dari para pejabat dan perwira staf Lanud Ats.

Dalam sambutannya ketika menerima Pangkoopsau I, Danlanud Ats menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pangkoopsau I yang berkenaan berkunjungan ke Lanud Ats. “Kunjungan Pangkoopsau I ini merupakan kehormatan bagi kami keluarga besar Lanud Atang Sendjaja, karena dengan kunjungan ini, kami dapat berkomunikasi secara langsung dengan Panglima dan para pejabat Koopsau I”, ujar Danlanud Ats. “Untuk itu, lanjutnya, dalam kesempatan yang baik ini pula, kami mohon kiranya Panglima beserta pejabat Koopsau I dapat memberikan masukan, perintah, maupun instruksi sebagai petunjuk kepada kami dalam melaksanakan tugas, guna terciptanya peningkatan kinerja terutama bagaimana meningkatkan kesiapan operasional helikopter Angkatan Udara yang menjadi kebanggaan kami”.

Pada kesempatan yang sama, Pangkoopsau I dalam pengarahannya mengatakan bahwa kehadiran Pangkoopsau I dan rombongan ke Lanud Ats adalah untuk “belanja” masalah. “Saya dan rombongan kuker ke Lanud Ats, bukan untuk mencari kesalahan, tetapi tujuannya adalah untuk “belanja masalah”, ungkap Marsda TNI Nanang Santoso. “Artinya, kehadiran kami di Lanud Ats, lanjut Pangkoopsau I, agar dapat menghimpun secara langsung setiap masalah yang terjadi, lalu kita olah, kemudian yang dapat kita tindaklanjuti di tingkat Koopsau I kita segera tindaklanjuti, dan yang tidak bisa kita tindaklanjuti, kita ajukan ke Mabesau”.

Lebih lanjut disampaikan oleh Pangkoopsau I bahwa Lanud Ats merupakan salah satu pangkalan udara yang spesifik karena merupakan salah satu unsur kekuatan Koopsau I, karena tujuan yang ingin dicapai oleh Koopsau I kedepannya adalah “Koopsau I siap operasi. “Sekarang ini kita masih bisa beroperasi tetapi terbatas karena alutsista, sumber daya manusia (SDM), maupun teknologi yang dimiliki”, papar Pangkoopsau I. “Itulah sebabnya tadi saya katakan bahwa kita hadir di sini termasuk di satuan-satuan lainnya adalah untuk belanja masalah, karena saya yakin di sini ada banyak masalah yang perlu kita tindaklanjuti”, jelas Marsda TNI Nanang Santoso.

Pangkoopsau I juga menegaskan agar setiap perwira mampu memahami dan dengan sungguh-sungguh melaksanakan tugas yang dipercayakan oleh pimpinan. “Kita harus tahu tugas pokok kita dan itu harus diselesaikan, jangan menganggap sesuatu itu simpel tetapi tidak bisa diselesaikan. Jadi jangan membenarkan kebiasaan tetapi harus membiasakan yang benar, artinya lihat apa yang menjadi aturan dan ketentuan, dan itu yang dilaksanakan”, terang Marsda TNI Nanang Santoso.
Setelah pengarahan dari Pangkoopsau I, selanjutnya Pangkoopsau I beserta rombongan juga menerima paparan tentang pelaksanaan program kerja tahun 2017 yang telah dilaksanakan oleh Lanud Ats serta rencana-rencana kegiatan tahun 2018, dan berbagai permasalahan yang dihadapi, disampaikan oleh Komandan Wing 4 Lanud Ats, Kolonel Pnb Bambang Juniar D, S.Sos., mewakili Danlanud Ats.

Sebelum melakukan kunjungan ke satuan-satuan di Lanud Ats, Pangkoopsau I didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsau I, Ny. Nanang Santoso, melaksanakan penanaman pohon, yaitu pohon durian Matahari oleh Pangkoopsau I, dan durian Musang King oleh Ny. Nanang Santoso, bertempat di halaman Masjid Ajnihatul Wathoni Lanud Ats.

Selanjutnya Pangkoopsau I dan rombongan melakukan kuker ke satuan-satuan di Lanud Ats, diawali dari Wing 4 dan berkesempatan melihat secara langsung ruangan Simulator NAS-332 Super Puma, yang merupakan sarana pelatihan oleh para penerbang dari Skadron udara di Lanud Ats. Dari gedung Simulator, Pangkoopsau I melanjutkan perjalanan untuk melihat secara langsung Skadron Udara 8 dan Skadron Udara 6, dan mengiakhiri kunjungannya di Skatek 024 sebelum kembali ke VIP Room Kencana 1 Lanud Ats untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkoopsau I Kuker Ke Lanud Atang Sendjaja