TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkoopsau I Lepas Kontingan Penjemputan Obor Api Asian Games 2018

By 16 Jul 2018Berita
WhatsApp_Image_2018-07-14_at_10.24.27

TNI AU.   Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsda TNI Nanang Santoso, didampingi   Wakil Ketua INASGOC Letjen TNI (Purn) Sjafrie Samsudin, melepas kontingen penjemputan obor api Asian Games 2018 di base ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (14/07).

Acara pelepasan ditandai dengan upacara penyerahan mini latern Asian Games 2018 dari Ketua INASGOC kepada Pangkoopsau I, dan selanjutnya diserahkan kepada kontingen penjemputan obor api yang akan diterbangkan ke New Delhi India pada hari ini (Sabtu, 14/07) pukul 07.00 WIB menggunakan pesawat Boing 737-400 TNI AU dengan Tail Number A-7307.

Dalam sambutanya, Pangkoopsau I mengatakan, “bahwa penjemputan obor api Asian Games 2018 akan menempuh perjalanan dari Lanud Halim Perdanakusuma – Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh – Chennai (Tamil Nadu India) – New Delhi”.

“Selanjutnya pada tanggal 16 – 17 Juli 2018 mendatang, pesawat TNI AU yang membawa kontingen obor api Asian Games 2018, akan terbang dari New Delhi – Chennai – Lanud Sultan Iskandar Muda dan langsung menuju Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, sesampainya di Yogyakarta, obor api Asian Games akan diterima oleh Kepala Staf Angkatan Udara”, tambahnya.

Pangkoopsau 1 berpesan kepada kontingen yang akan berangkat untuk melaksanakan tugas dengan mulia. “Jaga nama baik Indonesia dimata dunia internasional.  Tunjukan kepada dunia internasional, khususnya kepada masyarakat Asia, bahwa Indonesia siap dan mampu melaksanakan Asian Games ke-18”, pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua INASGOC mengatakan, “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Asian Games ke-18”.

“Asaan Games yang ke-18 2018 adalah kali yang kedua, Indonesia menjadi tuan rumah setelah 56 tahun yang lalu, kita semua diberikan tugas dan kepercayaan oleh dunia untuk menjadi tuan rumah”, lanjutnya.

“Saat ini kita memulai tugas yang baru, dengan melepas kontingen obor api untuk menjemput obor api yang ada di New Delhi India, menjadi satu catatan sejarah yang perlu kita catat sebagai memori bangsa Indonesia ditengah gelora internasional.  Pada 56 tahun yang lalu kita hanya menjemput obor api dengan kontingan yang memang khusus kontingen olah raga, tetapi pada hari ini kita menorehkan sejarah baru, bahwa TNI ikut serta memulai perjalanan obor api yang menjemput obor api yang ada di India”, tuturnya.

“Suskeskan tugas ini dengan sebaik-baiknya, dan pada saatnya nanti, obor api akan berada di tanah air dan akan dijemput oleh Wakil Presiden RI sebagai Ketua Panita Nasional Asian Games atau stering comite di Prambanan pada tanggal 18 juli 2018 yang akan datang”, tambahnya.

Turut hadir pada acara pelepasan tersebut, pejabat Mabesau, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E. beserta staf, dan tim INASGOC .

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkoopsau I Lepas Kontingan Penjemputan Obor Api Asian Games 2018