Berita

Pangkoopsau I Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I Di Lanud Sutan Sjahrir

Pangkoopsau I Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I Di Lanud Sutan Sjahrir
#TNIAU 

TNI AU.  Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., bertindak selaku Irup apel gelar pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I, turut mendampingi Dankodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono S.IP., dan rombongan. Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho selaku Dansatgas Duk latihan sebagai Danup. bertempat di Apron Lanud Sutan Sjahrir, Kamis (20/6).

Dalam sambutan Pangkoopsau I pada apel gelar pasukan Latihan Kesiapsiagaan operasional Koopsau I Tahun 2019, “Sesuai undang-undang No.34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa salah satu tugas TNI pada operasi militer selain perang adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam,” pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Sebagai salah satu Kotamaops TNI, Koopsau I telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah Sumatera Barat melalui penyusupan lampiran rencana tindakan kontijensi (rentinkon) tahun 2019, dengan sub lampiran tencana operasi (RO) “Kampita Sakti-19.”

Lebih lanjut dijelaskan Pangkoopsau I, latihan ini diselenggarakan dalam dua metode, yakni gladi posko yang telah dilaksanakan di wilayah Sumatera Barat yang insyaallah akan kita mulai pada hari ini.

Guna mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan latihan ini, tentunya diperlukan kerjasama kita semua, baik kami sebagai pelaku latihan, Kodiklat TNI selaku komando latihan maupun seluruh komponen instansi terkait yang ada di provinsi Sumatera Barat. Karena penanggungan dan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami ini, merupakan tanggung jawab bersama, baik masyarakat, institusi pemerintahan maupun TNI, sehingga melalui latihan ini, semua unsur memiliki keyakinan untuk dapat melaksanakan tugasnya, harap Pangkoopsau I.

Seusai gelar pasukan Pangkoopsau I mengatakan ke awak media, bahwa dalam latihan simulasi penanggulangan bencana dan tsunami di Provinsi Sumatera Barat yang dimulai tanggal 20-21 Juni 2019, Koopsau I menerjunkan beberapa pesawat dan satuan pendukung untuk mendukung latihan ini dintaranya, Hercules C-130 H Skadron 31, Pesawat CN 295 Skadron 2, serta Hely NAS-332 Super Puma Skadron 6, satuan pendukungnya dari Yonkes Mabesau, Kesehatan Koopsau I dan Denmatra I Lanud Halim Perdanakusuma.

Hadir pada acara apel gelar pasukan latihan Kesiapan operasional Koopsau I Gubernur Sumatera Barat yang diwakilkan oleh Kasat Pol PP Provinsi Sumbar Fahrizal, Kepala BPBD Sumbar, Kepala Basarnas Sumbar, Danrem 032 Wirabraja diwakili, Danlatamal II Padang diwakili, Kapolda Sumbar diwakili, Ketua PMI Sumatera Barat, Kepala Airnav Bandara Internasional Padang, Kabinda Provinsi Sumbar serta Forkopimda Provinsi dan Kota Padang lainnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel