Berita

Pangkoopsud II Briefing Perwira Kopasgat yang Akan Bertugas Onboard Pesawat US Misi Pam G20

Dibaca: 17 Oleh 11 Nov 2022November 15th, 2022Tidak ada komentar
IMG 20221113 WA00331
#TNIAU 

IMG 20221113 WA00331TNI AU.  Panglima Komando Operasi Udara II Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., CIQaR. selaku Komandan Satgas Udara Pam VVIP Presidensi G20, memberikan Briefing kepada para perwira Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU, yang akan bertugas di dalam (onboard) Pesawat Negara Amerika (United States) yang mendukung pengamanan penyelenggaraan KTT G20, di ruang pertemuan VIP room Bandara Internasional Lombok, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jumat, (11/11/2022).

Pangkoopsud II menekankan, terkait perwakilan perwira Kopasgat yang akan bertugas onboard, agar diutamakan yang memiliki kualifikasi Security Officer, serta kemampuan berkomunikasi bahasa inggris (english).

Hal tersebut diperlukan untuk mempermudah koordinasi dengan awak kabin U.S., serta sebagai Obsever aktivitas yang mereka (air crew U.S.) lakukan di dalam pesawat.

Lebih lanjut Pangkoopsud Ii berpesan, agar prajurit yang bertugas mempersiapkan diri dan melaksanakan tugas dengan baik, aplikasikan Sense of Intelligence, sehingga didapat catatan (report) baik kepada Pangkoopsud II selaku Komandan Satgasud maupun Pimpinan Kopasgat.

“Terkait kedatangan Presiden Amerika di Bali, dengan tidak mengirimkan fleet armadanya merupakan suatu kepercayaan kepada Negara Indonesia, sehingga mari sebagai bagian dari Unsur Pengamanan VVIP KTT G20, kita laksanakan tugas sebaik-baiknya.” Pesan Panglima.

Baca juga:  Wasrikkap Itjenau ke Lanud Sulaiman

Masing-masing yang bertugas harus memiliki keinginan untuk memperoleh sesuatu, baik ilmu dan pengalaman yang akan berguna dalam memimpin TNI AU kedepan. Tutup Panglima.

Adapun pesawat yang akan turut diawaki perwira Kopasgat TNI AU bersama perwakilan perwira U.S. Air Force Special Operations Command Pacific (SOCPAC) dan air crew Amerika, B300 Beechcraft King Air yang memiliki spesifikasi kemampuan ISR (Intelligence, Surveillance, dan Reconnaissance), melaksanakan misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian mendukung kemananan Penyelenggaraan KTT G20.

Hadir pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud ZAM, Asisten Intelijen Kaskoopsud II, Komandan Wing 5, Kapten pesawat Capt. Stuart Mills dan para air crew, para Kadis Lanud ZAM, dan para perwira Kopasgat TNI AU yang bertugas Pam VVIP G20.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel