Berita

Pangkoopsud II Mengikuti Upacara Pembukaan Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2022

Dibaca: 9 Oleh 23 Feb 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 02 23 at 16.23.48
#TNIAU 

TNI AU. Koopsud II – Makassar. Pangkoopsud II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. beserta gabungan perwakilan Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Pomau) Makoopsud II, Pomau Komando Sektor II, dan Pomau Lanud Sultan Hasanuddin mengikuti Upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Operasi Yustisi TA. 2022 bertempat di loby utama Makoopsud II, Daya, Makassar, Selawesi Selatan. Rabu (23/02/2022).

Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han) selaku Inspektur Upacara. Upacara Penegakan Ketertiban dan Yustisi tahun ini dilaksanakan secara virtual berkaitan dengan situasi Pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara serentak di berbagai tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan upacara.

Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TNI Tahun 2022 yang mengusung tema “Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2022, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin, dan Tata Tertib Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han) menyampaikan bahwa Pergelaran Operasi Penegakan Ketertiban Tahun Anggaran 2022 merupakan kontribusi nyata peran TNI dalam mendukung berbagai program Pemerintah melalui upaya peningkatan ketaatan hukum, disiplin, dan tata tertib prajurit TNI.

Baca juga:  SATPOMAU LANUD PADANG ADAKAN GAKTIBPLIN

Lebih lanjut Irup menekankan, keberhasilan tugas pokok Polisi Militer merupakan hasil puncak dari kinerja secara profesional, tangguh, dan disiplin tinggi. Hal tersebut dapat dicapai dengan kriteria diantaranya Pertama, dengan membentuk prajurit agar senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI. Kedua, mewujudkan disiplin dan kepatuhan hukum. Ketiga, melaksanakan setiap operasi dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab. Keempat, tunjukkan bahwa aparat penegak hukum yang proporsional, profesional, berwibawa, dan humanis. Kelima, meningkatkan integrasi antar pihak baik di lingkungan TNI maupun di berbagai macam instansi publik.

Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2022 bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polisi Militer TNI dan subjek hukum melalui pendekatan persuasif dan edukatif. Hal ini dikarenakan esensi dari pelaksanaan operasi adalah untuk memperkuat upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi Prajurit dan PNS TNI.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel