Berita

Pangkoopsud III Tutup Latihan Kasuari Perkasa 2022

Dibaca: 8 Oleh 29 Agu 2022Tidak ada komentar
casper ok1
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsekal Muda (Marsda) TNI Dr. T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P,. M.A selaku Pimpinan Umum Latihan secara resmi menutup latihan antar satuan Koopsud III dengan sandi Kasuari Perkasa  2022 di Lanud Yohanis Kapiyau, yang diikuti oleh unsur yang terlibat dalam latihan di Lanud Yohanes Kapiyau, Mimika, Sabtu (27/8/22).

Sebelum latihan ditutup dilaksanakan Manuver Lapangan yang melibatkan pesawat CN-235 MPA  AI-2318 dari Skadron Udara 27 untuk penerjunan pasukan Pasgat dengan Free Fall untuk mendapatkan data awal akibat gempa, mencari dan menentukan DZ  untuk penerjunan assessment team. Disusul pesawat CN- 235 A-2302 menerjunkan assessment team untuk menilai seberapa parah kerusakan bandara, menentukan langkah awal yang bisa diambil, membuka jalur komunikasi dan menentukan Dropping Zone untuk penerjunan Heli Box.  Helikppter EC-725 Caracal untuk menerjunkan tim assessment dengan cara rapelling pasukan Pasgat dan Basarnas untuk melakukan penilaian sekaligus survey sarana dan prasarana, menggelar jaring komunikasi di lokasi strategis, memberikan dukungan operasi penerbang crew pesawat.    Kemudian dilakukan evakuasi medis udara untuk memindahkan para korban yang sakit/kritis dan butuh perawatan yang intensif ke lokasi dengan fasilitas kesehatan yg lebih memadai dengan dengan Heli EC-725 Caracal.

Baca juga:  Danseskoau: Jadikan Kelulusan Sebagai Motivasi untuk Berkarya Yang Terbaik

Dalam sambutannya Pangkoopsud III  mengatakan “Apa yang telah dilatihkan, dipraktekkan dan disimulasikan dalam latihan Kasuari Perkasa ini, pada dasarnya merupakan gambaran dari penyelenggaraan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), khususnya dalam operasi penanggulangan bencana alam yang mungkin sewaktu-waktu terjadi di wilayah tanggung jawab Koopsud III,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Panglima juga menyampaikan bahwa secara garis besar latihan antar satuan Kasuari Perkasa 2022 ini, cukup berhasil dan terlaksana dengan baik, dan  aman. Keberhasilan latihan ini berkat kerjasama yang ditunjang dengan profesional serta keterpaduan semua pihak baik staf Markas Komando dan Lanud jajaran Koopsud III serta instansi terkait.

Diakhir sambutannya Pangkoopsud III selaku Pimpinan Umum Latihan mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pelaku latihan, staf Kolat, penilai dan pendukung latihan atas dedikasi, loyalitas serta semangat yang ditunjukkan selama latihan berlangsung.

Acara penutupan latihan Kasuari Perkasa dihadiri oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Direktur Latihan Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, pejabat Koopsud III,  Kakansar Mimika  George Leo Mercy Randang,    Danlanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Slamet Suhartono,  VP. SRM PT. Freepot Indonesia, Kepala UPBU Mimika, pimpinna AVCO, PMI Kabupaten Mimika, Saka Dirgantara, Tim penilai dari Mabes TNI, Wasdal, penilai serta para pelaku Latihan.

Baca juga:  Danlanud Adi Soemarmo Ikuti AKRS di TMP Kusuma Bhakti

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel