Berita

Pangkoopsudnas Laksanakan Entry Briefing  Secara Virtual

Dibaca: 51 Oleh 02 Feb 2022Tidak ada komentar
IMG 6229
#TNIAU 

TNI AU. BANDUNG. Bertempat di Ruang Rapat Nanggala Yudha Mako Korpaskhas seluruh pejabat Mako Korpaskhas mengikuti Vicon Entry Briefing Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr.(Han) yang membahas tentang Organisasi dan tugas Komando Operasi Udara Nasional. Senin (31/01/2022).

Dalam hal ini Koopsudnas adalah Komando Utama Operasi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima dan Komando Utama Pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KASAU. Adapun tugas dari Koopsudnas dibagi menjadi dua, yang pertama adalah sebagai Komando Utama Operasi (Kotama Ops) yang bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan matra udara sesuai dengan kebijakan Panglima dan penegakan hukum serta menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai peraturan perundang–undangan. Tugas yang kedua adalah sebagai Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin), bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam jajarannya, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara guna mendukung tugas TNI Angkatan udara.

Pelaksanaan entry briefing ini adalah yang pertama kali diselenggarakan setelah terbentukanya Koopsudnas dan pelantikan Pangkoopsudnas secara virtual. Dalam kegiatan tersebut, Pangkoopsudnas memberikan penekanan-penekanan dan skala prioritas. Sebagai skala prioritasnya adalah menyiapkan satuan untuk menjadi center of exelence  dengan membagi kekuatan tiap-tiap Wing. Mulai dari Wing 1 sampai dengan Wing 7. Wing 1 membawahi Pasgat, Wing 2 pesawat Angkut, Wing 3 pesawat Tempur dan GCI, Wing 4 pesawat Helicopter, Wing 5 pesawat dengan kemampuan khusus,  dan Wing 7 pesawat PTTA (Pesawat Tempur Tanpa Awak). Adapun penekanan-penekanan dari Pangkoopsudnas antara lain  Safety culture, yang harus menjadi prioritas dalam melaksanakan setiap penerbangan.  Hand on positive control, bahwa setiap pejabat pada setiap operasi penerbangan dan operasi lainnya untuk mempertahankan dan mencapai safety. Selanjutnya adalah pembangunan TNI AU untuk mencapai Air Superiority berbasis CTDLS (NWC), C51SR dan Cyber, sebagai pedoman menentukan Operasi Request. Selain itu yang menjadi penekanan Pangkoopsudnas adalah untuk mencukupi kebutuhan personel mengacu pada prinsip proporsional organisasi Koopsudnas dan right sizing.  Tidak terlupakan juga guna menjaga moril prajurit adalah dengan memperhatikan kesejahteraan prajurit dan work/life balance.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangkoopsud 1, Pangkoopsud 2, Pangkoopsud 3, Dankopasgat beserta seluruh staf, baik secara langsung maupun vicon.  Penkorpaskhas

IMG 6228

 

IMG 6234

 

IMG 6239

Baca juga:  Deklarasi Damai Dalam Rangka Merajut Kebersamaan Membendung Teroris di Sumatera Utara

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel