Berita

Pangkosek Hanudnas III buka TMMD Ke-90 di Kabupaten Karo Sumatera Utara

Dibaca: 2 Oleh 15 Mei 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Panglima Kosek Hanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Sungkono, S.E.,M.Si., membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 TA 2013 di desa Pertumbuken Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo Wilayah Korem 023/KS. Selasa (14/05).

Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Karo DR (HC). Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, Dandim 0205/TK selaku Dansatgas TMMD ke-90, serta para pejabat TNI/Polri, SKPD Kabupaten Karo, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan serta Tokoh Masyarakat setempat.

Pembangunan yang dilaksanakan selama TMMD adalah pembangunan pembuatan badan jalan desa sepanjang 6 Km, pembuatan jembatan, rehab Jembatan, pembangunan kantor desa, pembangunan lost pasar, pembangunan kantor koperasi, pembuatan gorong- gorong, Penyuluhan Kesehatan, ceramah tentang sadar Bangsa dan Negara, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang peternakan, serta penyuluhan hukum dan kamtibmas tentang bahaya narkoba.

Pada kesempatan tersebut Panglima Kosek Hanudnas III, Marsekal Pertama TNI Sungkono, S.E.,M.Si., membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, bahwa pelaksanaan kegiatan program TMMD dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun, ini merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Baca juga:  Exit Briefing Tim Pemeriksaan BPK RI di Kohanudnas

Tugas TNI selain Operasi Militer Perang (OMP), TNI juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan diantaranya adalah membantu pemerintah daerah yang diwujudkan melalui melaksanakan TMMD. Proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat serta disusun melalui sistem bottom up planning, sehingga dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah. Dengan telah ditetapkanya sasaran fisik, maka pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah dapat terpenuhi sehingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian daerah, khususnya diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan daearah kumuh serta daerah lain yang terkena bencana.

Pada kesempatan yang sama Panglima Kosek Hanudnas III juga menambahkan bahwa kedatangan prajurit TNI di TMMD ini adalah untuk mengemban aspirasi rakyat dalam membangun desa, dan berharap agar seluruh lapisan masyakat yang ada di Kabupatan Karo ini dapat mendukung dan membantu seluruh anggota prajurit TNI dalam melaksanakan TMMD, karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat TMMD ini tidak akan dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Baca juga:  Casis Setukpa Laksanakan Test Samapta Dilanud Supadio

Selesai upacara Panglima Kosek Hanudnas III didampingi Bupati Karo, Dandim 0205/TK dan SKPD Kab. Karo melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan yang sebelumnya diawali dengan paparan yang disampaikankan oleh Dandim 0205/TK selaku Dansatgas TMMD ke-90.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel