TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pangkosekhanudnas II Buka Latihan Cakra B-18 T.A 2018

Cakra_B-18_TA

TNI AU.         Panglima Komando Sektor Pertahahan Udara Nasional II (Pangkosekhanudnas) Marsma TNI Ir.Tedi Rizalihadi S.,M.M selaku Direktur Latihan, membuka Latihan Cakra B-18 TA. 2018 melalui video conference di ruang Yudha Posek Kosekhanudnas II Makassar, Selasa (6/3). Pembukaan latihan Cakra B-18 dihadiri oleh Waseval dari Kohanudnas dan para pejabat Kosekhanudnas II.

Latihan Cakra B-18 yang diselenggarakan di wilayah Kosekhanudnas II Makassar beserta jajaranya ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dan kemampuan unsur Hanud TNI AU dan radar sipil yang berada di jajaran Kosekhanudnas II dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah udara nasional. Latihan ini Untuk menguji dan menganalisa Protap Operasi Hanud dan kemampuan personel Hanud dalam menerapkan protap tersebut

sehingga diharapkan dari latihan ini ditemukan hal-hal yang perlu diperbaiki untuk kesempurnaan sistem dan mekanisme Operasi Hanud.    Latihan ini juga untuk menciptakan kesamaan pemahaman di antara personel Hanud tentang pelaksanaan Operasi Hanud, baik pemahaman pada tingkat normatif maupun praktikal untuk mencapai suatu kesamaan dalam pola pikir, pola ucap, dan pola sikap sehingga dapat tercapai satu kesatuan tindakan.

Latihan Cakra B-16 ini melibatkan Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas) Kohanudnas, Kosekhanudnas II Makassar, satu flight Pesawat Tempur Hawk 100/200 Skaron udara 1Lanud Supadio,  Pesawat Intai Boeing 737 Skadron Udara 5 Makasar, Pesawat Hely SAR SA 330 dari Skadron Udara 8 Atang Sanjaya Bogor, Satrad 223 Bpp, Satrad 225Tarakan dan Pangkalan Udara Balikpapan serta MCC Bandara Balikpapan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pangkosekhanudnas II Buka Latihan Cakra B-18 T.A 2018