Berita

Pangkosekhanudnas II Ikuti Ceramah BNN di Gedung Suryadarma Makassar

Dibaca: 10 Oleh 19 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Makassar Kosekhanudnas II, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel, melaporkan, sedikitnya dari 131.000 pemakai narkoba di Sulawesi Selatan, hanya 1.428 yang melakukan rehabilitasi. Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Sulsel Brigadir Jenderal Polisi Mardi Rukmianto dalam ceramah tentang upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda bangsa. BNN Sulsel ke di gedung Suryadarma Makassar, Rabu (18/10).

“Dari data itu, 1.621 sudah ditindaklanjuti sampai tahun 2016. Pecandu berat capai 40 persen, dimana yang menggunakan suntik mencapai 15 persen. Menurutnya, hal tersebut karena penindakan peredaran berbanding terbalik dengan pengedaran yang berlangsung secara cepat. Sehingga, konsep upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dengan tindak pencegahan dan rehabilitasi.

“Laporan dari BNN pusat bahwa Papua dan Sulselbar berasal dari Sulsel. Yang sedemikian besarnya masih ada 3 BNN dan hampir semua wilayah berpotensi peredaran narkoba. Wilayah pesisir pantai seperti Pare-pare dan Sidrap belum ada BNN”, tambahnya.

Untuk itu, Mardi mengimbau agar tidak menjadikan rehabilitasi sebagai lahan bisnis, karena menurutnya, semua proses rehabilitasi berlangsung secara gratis dan wajib dari pemerintah pusat bagi penyalahguna dan pecandu.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas II Terima Kunjungan Gubernur Sul-Sel

“Kita upayakan penyuluh anti narkoba sampai ke desa. Seperti apa langkahnya akan disusun oleh kesbangpol. BNN terbatas sumber daya manusia dan dana, makanya kami lakukan kerjasama untuk penyuluhan,” ujarnya.

Selain itu, keterlibatan dan partisipasi masyarakat dianggap perlu dalam penanganan peredaran narkotika tersebut. Pemerintah provinsi sendiri, kata dia, nyatakan siap bekerjasama untuk mengurangi peredaran narkoba di Indonesia Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Panglima Komando Operasi TNI AU II Marsda TNI Yadi I Sutanandika, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II beserta staf, Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 03 Kosekhanudnas II beserta staf, para Pejabat Makoopsau II, Kosekhanudnas II dan Lanud Sultan Hasanuddin.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel