Berita

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Mengikuti Peresmian Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas)

Dibaca: 60 Oleh 28 Jan 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 28 at 12.36.35 1
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsekal Muda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr.(Han), mengikuti upacara peresmian Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., di Lapangan Upacara Koopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta  Timur, Jumat (28/1/22).

Koopsudnas diresmikan setelah TNI Angkatan Udara melikuidasi Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas). Peresmian ini telah menetapkan Koopsudnas sebagai penanggung jawab terhadap operasi pertahanan udara yang sebelumnya dilaksanakan oleh Kohanudnas. Ini merupakan langkah strategis yang sangat menentukan dalam mewujudkan unity of command atau (kesatuan komando). Karena Mabes TNI dan TNI AU melakukan alih komando, mengintegrasi dan mengubah nomenklatur tiga satuan yaitu dari Koopsau menjadi Koopsud, Korpaskhas menjadi Kopasgat serta Kosekhanudnas menjadi Kosek Koopsud.

Dengan demikian, Koopsudnas kini sebagai leading sector yang bertanggung jawab terhadap operasi pertahanan udara yang sebelumnya dilaksanakan oleh Koopsau serta operasi-operasi yang dilaksanakan Korpaskhas.

Baca juga:  Prestasi Kinerja Koharmatau Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel