TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Panglima Kosekhanudnas III Pimpin Sidang Disiplin

By 23 Mar 2017Berita
1280px-Photo_20031215_122634

Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Age Wiraksono, S.I.P., M.A., memimpin sidang disiplin terhadap prajurit yang melakukan pelanggaran disiplin di Ruang Rapat Kosekhanudnas III (23/03).

Dalam sidang tersebut, dihadirkan satu orang terhukum (red. Pamen) yang telah melanggar hukum disiplin Militer sebagaimana diatur dalam pasal 8 UU RI no 25 tahun 2014 dan berdasarkan keputusan hukum disiplin. Panglima Kosekhanudnas III selaku Atasan yang berhak menghukum telah menetapkan anggota tersebut bersalah karena melakukan pelanggaran disiplin, sehingga perlu dikenakan sanksi penundaan kepangkatan satu periode dan pendidikan satu gelombang serta mendapatkan hukuman penahanan ringan.

Panglima menyampaikan bahwa penjatuhan hukuman ini bertujuan untuk menegakkan disiplin prajurit dan untuk memberikan efek jera kepada seluruh personel agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. Selain itu juga dapat dijadikan pelajaran bagi prajurit Kosekhanudnas III yang lain agar tidak sekali-kali melakukan pelanggaran disiplin dan selalu mematuhi segala aturan/peraturan yang berlaku di lingkungan TNI.

Pada kesempatan tersebut Kepala Hukum (Kakum) Kosekhanudnas III Mayor Sus Azhari SH., menjelaskan bahwa diselenggarakannya persidangan disiplin prajurit di satuan bertujuan untuk memeriksa, mengadili, dan menjatuhkan hukuman terhadap anggota militer yang melakukan pelanggaran, sehingga terwujud kesadaran hukum dan disiplin yang berkualitas dan menyentuh rasa keadilan, serta dapat mewujudkan aparat penegak hukum yang bersih dan berwibawa. Untuk itu hukum di kalangan prajurit harus terus ditingkatkan dengan dukungan seluruh prajurit terutama aparat penegak hukum di lingkungan TNI.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima Kosekhanudnas III Pimpin Sidang Disiplin