Berita

Panglima Kosekhanudnas III Serahkan Hewan Kurban

Dibaca: 14 Oleh 03 Agu 2020Tidak ada komentar
Panglima Kosekhanudnas III Serahkan Hewan Qurban
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi  secara simbolis kepada Panitia Idul Adha 1441 H,  yang diterima oleh Ketua Panitia Letkol Adm Marshall, M.Si., dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban di Halaman parkir Masjid Baitussalam Kosekhanudnas III, Jumat (31/07/2020).

Acara penyembelihan hewan qurban tersebut disaksikan langsung oleh Panglima Kosekhanudnas III, para asisten, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosekhanudnas III serta para pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 04-Kosekhanudnas III. Penyembelihan hewan qurban di tengah Pandemi Covid-19 dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, maupun saat  saat menyalurkan  kepada yang berhak menerimanya.

Dalam sambutannya Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., mengatakan bahwa peristiwa penyembelihan hewan kurban yang setiap tahun kita rayakan merupakan suatu konteks peneguhan nilai-nilai rohani, sekaligus sebagai salah satu ibadah yang berdimensi sosial. Qurban bermakna bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhan-Nya, dengan kerelaan dan tulus ikhlas, yang dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT.  Hal ini merupakan momentum untuk menggugah semangat kemanusiaan sebagai esensi dari ajaran agama Islam. Islam menunjukkan betapa qurban sangat penting dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki kelebihan rezeki.

Selanjutnya qurban menjadi satu ibadah yang disyariatkan setiap tahunnya kepada umat Islam. Qurban sesungguhnya sebuah simbol pengorbanan seorang hamba yang ingin dekat kepada Allah SWT, darah atau daging dari hewan qurban yang disembelih, melainkan keikhlasan dan kerelaan dari umatnya untuk menghilangkan watak atau karakter buruk yang ada dalam diri manusia. Seperti pengorbanan Nabi Ibrahim AS. dan Nabi Ismail AS. yang patut diteladani terutama oleh umat islam, terlebih saat ini umat terkadang lebih mencintai dan memperdulikan diri sendiri dari pada memperdulikan orang lain.  Kemauan serta keikhlasan untuk berqurban di jalan Allah SWT merupakan kunci kebahagiaan dan kesuksesan hidup.

Perayaan Idul Adha mengandung nilai dan makna yang dapat kita jadikan pedoman dalam mengarungi kehidupan dan diimplementasi dari tema perayaan Idul Adha 1441 H / 2020 M, yaitu, “Maknai Idul Adha 1441H / 2020 M dengan Meningkatkan Semangat Gotong Royong dan Rela Berkorban di Tengah Pandemi Covid-19 Menuju Normal Baru.”  Panglima Kosekhanudnas III, mengajak kepada seluruh personel untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mudah-mudahan kita dijadikan sebagai hamba yang pandai bersyukur dengan penuh keikhlasan, serta mampu berkurban untuk suatu kepentingan yang membawa maslahat bagi masyarakat.

Baca juga:  Danlanud Adisutjipto Buka Kursus dan Sertifikasi Basic Remote Drone Pilot FASI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel