Berita

Panglima TNI: BERSIHKAN SATUAN KERJA TNI DARI TINDAK KORUPSI

Dibaca: 17 Oleh 17 Jun 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia mengandung tiga macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis. Nilai dasar menunjukkan sesuatu yang bermutu, berkualitas dan berguna bagi manusia. Nilai instrumental merupakan nilai yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan nilai dasar yang dikenal dengan norma. Sedangkan nilai praksis adalah pelaksanaan nyata dari nilai dasar dan nilai instrumental. TNI sebagai pengaman dan pengawal Pancasila dapat terwujud apabila seluruh prajurit dan PNS TNI selalu menggali nilai luhur Pancasila dan mengimplementasikannya dalam setiap pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari. 

Pernyataan tersebut merupakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Dede Rusamsi pada upacara bendera 17-an di lapangan Apel Mabesau Cilangkap, Jum’at (17/6). 

Selain mengulas tentang Pancasila, Panglima TNI juga menyampaikan tentang penyiapan laporan pelaksanaan program dan anggaran periode semester I dan hasil evaluasinya. Hasil audit BPK terhadap laporan pelaksanaan program dan anggaran TNI tahun 2010 berpredikat wajar dengan pengecualian. Sasaran tahun 2011 ini Panglima berharap predikat meningkat menjadi wajar tanpa pengecualian. Oleh sebab itu Panglima menekankan agar seluruh satuan jajaran TNI segera menyusun laporan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran semester I secara bertanggung jawab dan transparan. 

Baca juga:  PIA Ardhya Garini Gabungan .lll Koharmatau Memperingati Hari Kanker Dunia

Menyikapi maraknya pemberitaan tentang tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh penyelenggara negara, Panglima TNI mengatakan bahwa TNI harus berpartisipasi dalam penegakkan hukum dengan mewujudkan disiplin dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam kepatuhan terhadap hukum. 

“Korupsi digolongkan pada tindak pidana kejahatan luar biasa karena berdampak luas bagi kesejahteraan rakyat. Oleh karenanya mari kita berpartisipasi membantu pemerintah memberantas tindak pidana korupsi dengan cara membersihkan satuan kerja TNI dari segala bentuk tindak korupsi” tegas Panglima TNI.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel