Berita UtamaKoopsau 1

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Karhutla di Pulau Rupat

Panglima_TNI_dan_Kapolri_Tinjau_Lokasi_Karhutla_Di_Pulau_Rupat__4_
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Seusai melaksanakan rapat terbatas di ruang Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berserta rombongan menuju Dusun Sei. Injab Kel. Terkul Kec. Rupat Kab. Bengkalis dengan menggunakan Helikopter  jenis Caracal TNI AU dan MI 17 TNI AD, Rabu (13/3).

Kedatangan Panglima TNI dan dan Kapolri tersebut disambut oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Dandim 0303/Bkls, Letkol Inf Timmy Prasetya H. S.Sos, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto, Kapolres Dumai AKBP Restika, Unsur Muspida Kab. Bengkalis dan Masyarakat Dusun Sei. injab Kel. Terkul Kec. Rupat.

Selanjutnya Panglima TNI dan Kapolri beserta Rombongan langsung menuju lokasi Karhutla dengan menggunakan sepeda motor. Setibanya dilokasi karhutla Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI, Polri serta unsur-unsur yang terkait dalam pelaksanaan Karhutla. Karena melalui pantauan udara, api sudah padam dan hutan sudah kelihatan menghijau khususnya di kecamatan Rupat.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi karhutla ini kita harus mengatasi dua ancaman. pertama yaitu alam yang tidak bisa dilawan dan harus kita siasati agar api tidak menjalar kemana mana, sedangkan yang kedua adalah ulah manusia, maka dari itu ulah manusia itu yang harus kita lawan sehingga pasukan saya tempatkan disini untuk melaksanakan patroli dan ambus/pengendapan ditempat lahan – lahan yang telah terbakar sehingga betul-betul dinyatakan aman dan Untuk pasukan tidak akan ditarik sebelum dinyatakan aman dari titik api.

“Tujuan Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri adalah untuk memastikan karhutla yang terjadi saat ini dapat diatasi dengan baik dan tidak ada hubungannya dengan Politik”, lanjut Panglima TNI.

Usai meninjau secara langsung di lapangan dan memberikan pengarahan kepada Satgas karhutla Panglima TNI dan Kapolri beserta Rombongan meninggalkan lokasi Karhutla menuju lapangan sepak bola Kel. Terkul serta menyerahkan Peralatan Pemadam kebakaran secara simbolis kepada Dandim Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Kapolres Dumai dan Lurah Desa Terkul guna mendukung pelaksanaan tugas kedepan dalam mencegah dan mengatasi terjadinya karhutla.

Turut mendampingi Panglima TNI dan Kapolri, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo,M.M, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M Dandrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar, BPBD, serta para pejabat utama TNI-POLRI.

Leave a Reply