Berita

Panglima TNI : EKSISTENSI NKRI ALAMI COBAAN BERAT

Dibaca: 4 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso menilai, selama lebih dari satu dasawarsa perjalanan reformasi nasional, eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terus mengalami cobaan yang begitu berat. Menurut Panglima TNI, realitas tersebut tidak lepas dari perkembangan lingkungan strategis, baik global, regional maupun nasional yang tak mungkin terelakkan.

 

”Tanpa kita sadari, fundamen persatuan dan kesatuan mengalami terpaan akibat adanya benturan dan gesekan kepentigan. Kepentingan nasional menjadi sub ordinasi kepentingan kelompok, dan kepentingan jangka panjang dikalahkan kepentingan sesaat yang pragmatis” kata Panglima TNI.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur Komando Operasi TNI AU II (Ir Koopsau II) Kolonel Tek Edy Pramono dalam upacara memperingati hari pahlawan ke-64 tahun 2009 di Makopsau II, Makassar (10/11). Upacara yang diwarnai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan pesan-pesan pahlawan nasional serta pembukaan UUD 1945 itu, dihadiri para Pejabat, perwira dan Prajurit serta PNS Makoopsau II dan Komando Sektor Hanudas (Kosek Hanudnas) II, Makassar.

Baca juga:  Upacara Peringatan ke-66 HUT TNI AU di Lanud Sugiri Sukani

 

Bagi TNI, kata Panglima TNI, peringatan hari pahlawan harus menjadi momentum untuk melakukan introspeksi dan sekaligus refleksi historis, apakah perjuangan bangsa masih segaris dengan perjuangan para pahlawan. Dengan demikian, TNI akan mampu memetik hikmah dan pelajaran dari setiap episode perjuangan nasional, untuk ditransformasikan secara nyata dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

”Lebih penting lagi bahwa peringatan hari pahlawan merupakan momentum untuk mempersegar semangat tekad dan prasetia kita untuk mewarisi nilai dan melanjutkan perjuangan nasional demi tetap tegaknya NKRI serta menjamin keselamatan segenab tumpah darah Indonesia” terang Pangima TNI.

 

Panglima TNI mengajak seluruh prajurit TNI untuk senantiasa menyadari kalau bentuk NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD ’45 merupakan harga mati dan sudah final. ”Mari kita jaga NKRI yang telah didirikan oleh para pahlawan, berikut segala pengorbanannya yang teramat mahal dan luar biasa itu dengan selalu memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan nasional” tegas Panglima TNI. Demikian Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wbowo, S.IP meginformasikan.

Baca juga:  SATPOM LANUD SOEWONDO ADAKAN GARTIB RUTIN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel