Berita

Panglima TNI Hargai Semangat Kerja, Tangung Jawab, dan Disiplin Prajurit dan PNS TNI

Dibaca: 21 Oleh 18 Jan 2017Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Selaku Panglima TNI saya ucapkan terima kasih disertai penghargaan atas semangat kerja yang dilandasi tanggung jawab yang tinggi dan disiplin tiap prajurit dan seluruh PNS selama kurun waktu satu tahun, telah banyak yang diperbuat sesuai dengan tugas yang diamanakan kepada TNI baik Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sangat banyak yang telah dikerjakan oleh prajurit TNI bahkan melebehi panggilan tugas, seperti penanggulan gangguan keamanan akibat ulah-ulah aksi kelompok teroris di Poso Sulawesi Tengah, dimana TNI bersama Polri yang bergabung dalam satgas Operasi Tinombola berhasil mereduksi kekuatan teroris bahkan mampu melumpuhkan pimpinannya serta penanggulan bencana alam dan kebakaran hutan di beberapa wilayah,khususnya bencana alam di jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh dan Bima.

Demikian juga pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang bergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB, dinilai berhasil karena dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mendapat apresiasi dari masyarakat internasional. TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional, juga dinilai mampu berdiri tegak diatas semua golongan dan mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinekaan serta bersama-sama segenap komponen bangsa melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat.

Baca juga:  Jelang HUT ke-76 TNI AU, Lanud Iswahjudi dan Insub Ziarah ke TMP Madiun dan Magetan

Dari semua prestasi tersebut berdampak pada terbangunya kepercayaan masyarakat kepada TNI. Maka tidak diragukan lagi publik menilai bahwa institusi TNI yang paling dipercaya, dan rakyat tetap mencintai TNI, Namun demikian kita juga masih melihat pelanggaran yang dilakukan oknum Prajurit dan PNS TNI yang melakukan tindakan tidak terpuji bahkan menyakiti hati rakyat seperti korupsi, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya yang dapat merusak citra TNI. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada sambutan Upacara 17 an Bulan Januari 2017 yang dibacakan Komandan Wingdikum Kolonel Pnb Zulfahmi,S.Sos Bertempat di Main Apron Lanud Atang Sendjaja Bogor. Selasa (17/1)

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, tahun 2017 ini menjadi tugas berat bagi kita semua untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap TNI. Jadikanlah tahun 2107 ini sebagai tahun bersih-bersih dari korupsi bagi seluruh jajaran TNI. Jangan lagi kita mendengar ada korupsi sekecil apapun di institusi TNI. Itulah komitmen TNI, sehingga saya perintahkan untuk semua jajaran TNI janga berkhianat dengan komitmen itu.Selaku papera dan ankum tertinggi di lingkungan TNI, saya memiliki kewenangan untuk menjatuhkan hukum disiplin prajurit TNI, maupun menyerahkan perkara tindak pidana yang dilakukan prajurit TNI ke Mahkamah Militer. Untuk selanjutnya diproses berdasarkan kitab Undang-Undang Hukum pidana Militer, termasuk melakukan upaya paksa, baik yang bertugas di structural maupun non structural.

Baca juga:  Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020 di Lanud Sjamsudin Noor  

Tantangan pada tahun ini akan semakin kompleks dan tidak ringan, salah satunya adalah semakin masifnya penggunaan media social. Pertempuran baru oleh sekelompok masyarakat untuk mencapai tujuanya. Penyebaran informasi dan berita-berita bohong (hoax) melalui media sosial dapat menyebabkan perpecahan, membahayakan persatuan dan kesatuan, kebhinekaan dan munculnya radikalisme.Guna membentengi pengaruh negatif dari penggunaan media sosial oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab dengan menyebar berita bohong (hoax) tersebut, saya perintahkan seluruh Prajurit dan PNS TNI agar jangan mudah percaya terhadap berita bohong tersebut, tetapi percayalah kepada komandan satuan kalian. Prajurit dan PNS TNI harus cerdas, pandai memilah dan memilih berita yang positif dan bermanfaat.

Pada akhir sambutannya Panglima TNI menyampekan, dalam watu dekat bangsa Indonesia akan melaksanakan pilkada serentak, baik pemilihan gubernur maupun bupati dan walikota.terkait dengan pelaksaan pilkada, saya tegaskan kembali bahwa TNI harus netral dan ikut menjamin pilkada berjalan dengan aman, damai dan lancar. Seluruh Prajurit TNI harus tetap bersikap netral dan melaksanakan pengamanan sesuai dengan prodesur yang berlaku.

Baca juga:  Entry Briefing Wasrik Itkoopsau I di Lanud Pekanbaru

Hadir pada upacara bendera 17 an bulan Januari 2017 Dan Wing 4 Kolonel Pnb Hendro Arief H,S.Sos, Para Kadis, Komandan Satuan serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil lanud Atang Sendjaja serta Wingdikum.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel