Berita

Panglima TNI : Keberhasilan Latihan Tidak Terlepas Kesiapan Penyelenggara

Dibaca: 4 Oleh 01 Feb 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Keberhasilan latihan Penanggulangan Teror TNI tidak terlepas dari kesiapan pelaku, penyelenggara dan pendukung gladi yang dilandasi semangat, motivasi dan disiplin yang tinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan sesuai dengan tuntutan tugas TNI di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Laksama TNI Agus Suhartono, S.E,. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Operasi Panglima TNI Mayor Jenderal Hambali Hanafiah pada upacara Penutupan Latihan Penanggulangan Teror TNI Tri Matra VI, yang berlangsung di Depohar 10, Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Panglima TNI menekankan, hakekat dari pelaksanaan latihan Penanggulangan Teror TNI Tri Matra VI, merupakan latihan gabungan ke-6 yang melibatkan seluruh pasukan khusus TNI dari ketiga matra dan bertujuan mewujudkan konsep strategis penanggulangan teror dalam rangka menghadapi aksi terorisme yang mengancam keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan memelihara kualitas prajurit TNI serta kesiapan operasional satuan penanggulangan teror TNI dari ketiga matra. Disamping itu, juga dapat digunakan sebagai sarana dan gambaran untuk pelaksanaan penanggulangan teror dalam bentuk gabungan satuan TNI.

Baca juga:  IRKOOPSAU I ADAKAN WASRIK DILANUD MEDAN

Menurut Panglima TNI, rangkaian latihan gabungan ini memang menyita waktu, tenaga dan pikiran kita semua. Namun para pelaku, pendukung serta penyelenggara latihan boleh berbangga diri, karena latihan penanggulangan teror TNI Tri Matra VI hasilnya semakin sempurna dibandingkan dengan latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Panglima TNI menyampaikan harapan agar pelaksanaan serta penyelengaraan latihan gabungan dimasa yang akan datang dapat mencapai hasil maksimal. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dalam rangka pelaksanaan tugas TNI. Kedua, pelihara dan tingkatkan terus semangat, jiwa korsa dan militansi prajurit TNI dimanapun kalian bertugas dan berada. Ketiga, laksanakan kegiatan latihan penanggulangan teror di masing-masing matra sesuai dengan waktu yang telah direncanakan dalam rangka memelihara kemampuan satuan penanggulangan teror serta. Keempat, laksanakan konsolidasi latihan dan adakan pengkajian strategis terhadap hasil temuan tim evaluasi dan tim penilai untuk menyempurnakan konsep strategi penangkalan dan penindakan dalam rangka menghadapi kontijensi yang mungkin terjadi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Pendidikan Sekbang A-95 Resmi Ditutup Dankodiklatau

Latihan Penanggulangan Teror TNI Tri Matra melibatkan sekitar 96 prajurit Pasukan Khusus yang telah terlatih mulai dari pangkat perwira, bintara, tamtama, dan melibatkan enam mobil rantis, empat ekor anjing pelacak dan 5 penerjun free fall.

Pasukan Penanggulangan Teror dalam menjalankan misi pembebasan tawanan yang dilakukan teroris tersebut bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan tiga pesawat Hercules C-130 dengan dibantu oleh unsur-unsur serta personel yang ada di Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung dan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuama, Jakarta.

Hadir dalam menyaksikan pada kegiatan latihan tersebut Kasum TNI, Dankorpaskhas (Dirlat) Pangdam III Siliwangi, Pangkoopsau I, Danjen Kopasus serta pejabat tinggi TNI lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel