TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI 2018-2020

By 26 Feb 2018Berita
PPRC_4

TNI AU. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pimpin upacara serah terima Alih Komando dan Pengendalian (KODAL) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Taxyway Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Jum’at (23/2). Upacara serah terima alih Kodal PPRC TNI yang akan diserahkan dari Pangdivif 1/Kostrad Mayjen TNI Ainurrahman kepada Pangdivif 2/Kostrad Mayjen TNI Agus Suhardi berlangsung aman, lancar dan tertib.

Upacara Alih Kodal PPRC TNI diikuti oleh pasukan jajaran Kostrad Angkatan Darat, Marinir Angkatan Laut, Air Crew, Teknisi pesawat dan Pasukan Khas Angkatan Udara berikut penggelaran alutsista yang dimiliki oleh ketiga Angkatan TNI (AD, AL dan AU) meliputi pesawat terbang angkut maupun pesawat tempur, helicopter tempur maupun SAR, tank, kapal / speed boat, senapan senjata berbagai type dan kendaraan angkut pasukan tempur. Upacara ini juga melibatkan 3573 pasukan upacara dan 1427 pendukung. Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI (PPRC TNI) adalah pasukan gabungan Tentara Nasional Indonesia (Darat, Laut dan Udara) yang mempunyai batasan waktu satu kali 24 jam setelah ada perintah dari Panglima TNI, harus sudah berada di daerah yang membutuhkan pengamanan reaksi cepat.

Pasukan pemukul ini bergerak atas keputusan pemegang otoritas politik. Namun, tugas PPRC dibatasi masa paling lama tujuh hari untuk berada di wilayah yang terancam dan untuk menghadapi musuh. Operasi tersebut meliputi operasi militer perang maupun operasi militer selain perang, termasuk penangkalan terorisme juga menjadi bagian tugas pokok PPRC, baik terorisme domestik maupun internasional.

Turut hadir pada Upacara Serah terima alih KODAL PPRC TNI 2018 antara lain; Kasad, Kasal, Kasau, para Asisten TNI, Irjen TNI, Kasum TNI, Pangkostrad, Pangdam V Brawijaya, Pangarmatim, Pangkoopsau II, Dankormar, Dankorpaskhasau, Dankodiklat TNI, Danlanud Abdulrachman Saleh, unsur-unsur Satgasad, Satgasla dan Satgasau, pejabat Polri dan Gubernur, Bupati dan Walikota Malang Raya.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI 2018-2020