TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Panglima TNI : Prajurit TNI Harus Menjaga Netralitasnya

berita-17-an-April-2018.

TNI AU. Bertempat di lapangan Upacara Mako Lanud Rembiga Senin (17/4), dilaksanakan upacara bendera tujuhbelasan bulan April 2018. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kadispers Lanud Rembiga Letkol Adm Burhanuddin mewakili Danlanud Rembiga Kolonel Pnb Dodi Fernando, SE, MSoc.Sc dan diikuti oleh seluruh personel Lanud Rembiga baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanatnya yang dibacakan Kadispers Lanud Rembiga mengatakan bahwa tahun ini adalah tahun politik dimana dalam waktu dekat adalah Pilkada serentak di 171 daerah di seluruh wiayah Indonesia dan tahun ini pula rangkaian Pemilu 2019 akan dimulai. Untuk itu Panglima TNI menekankan Prajurit TNI harus menjaga netralitasnya karena TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara dan mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Karena tugas TNI untuk mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi tidak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral.

Dibidang ketahanan nasional, Panglima TNI menjelaskan bahwa yang dapat mendukung ketahanan nasional yang kuat adalah soliditas dan kekompakan segenap komponen bangsa dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. TNI selaku bagian dari komponen bangsa perlu membina soiditas, sinergi, dan kekompakan, dari tingkat pusat sampai daerah. Ego sektoral dan premodialisme sempit harus dibuang jauh-jauh karena hanya dengan hanya bersatu, bergerak bersama-sama, maka Indonesia akan dapat menjawab dan menghadapi setiap potensi yang mengancam kedaulatan, keutuhan maupun keselamatan bangsa dan Negara.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menyampaikan kepada seluruh Prajurit TNI dan PNS TNI yang memegang peran sebagai bagian dari organisasi TNI serta anggota masyarakat. Karena itu laksanakanlah tugas dengan sebaik-baiknya karena tugas adalah kehormatan. Sesedarhana apapun tugas dan peran itu sesungguhnya tidak lagi sederhana karena merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari peran TNI. Tunaikanlah apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing dengan tulus dan ikhlas karena pada hakikatnya hal tersebut adalah ibadah.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI : Prajurit TNI Harus Menjaga Netralitasnya