Berita

Panglima TNI Resmikan Renovasi Monumen Pesawat Mig 17 Fresco di Kompleks Pagas Lanud Abdulrachman Saleh

Oleh 13 Sep 2019 September 16th, 2019 Tidak ada komentar
Panglima TNI Resmikan Renovasi Monumen Pesawat Mig 17 Fresco di Kompleks Pagas Lanud Abdulrachman Saleh
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Marsma TNI Hesly Paat beserta Nyonya Chyntia Hesly Paat menyambut kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dan Nyonya Nenny Hadi Tjahjanto beserta rombongan pada acara peresmian renovasi Monumen Pesawat Mig 17 Fresco di Taman Komplek Kartanegara (Pagas) Lanud Abdulrachman Saleh, Jumat (13/9).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan apresiasi atas kepedulian Panglima TNI kepada Lanud Abdulrachman Saleh dan insub dalam pelestarian nilai-nilai kejuangan TNI Angkatan Udara berupa renovasi monumen pesawat Mig 17 Fresco di tengah-tengah komplek Kartanegara. Ke depan diharapkan kepedulian tersebut berdampak pada terpeliharanya semangat bertugas para personel TNI Angkatan Udara yang bertugas di Malang juga lahirnya generasi penerus TNI Angkatan Udara yang berasal dari lingkungan lembah Bromo khususnya dan Malang Raya pada umumnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam sambutan lisannya dengan fasih menceritakan sejarah keperkasaan Mig 17 Fresco yang dipergunakan TNI Angkatann Udara pada tahun 1960-1969 dalam mengusir penjajah Belanda di Papua dalam Operasi Trikora. Diceritakannya guna mengenang Satuan Pemeliharaan (Sathar) 31 Depohar 30 yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh dan pada tahun 1960-an mampu melaksanakan overhaul (pemeriksaan) engine dan airframe pesawat jet tempur buatan Rusia seperti Mig 15, Mig 17 dan IL 28 maka dibangun monument Mig 17 Fresco di Komplek Pagas.

Ditambahkan, Panglima TNI namun pada tahun 1970-an semua pesawat Mig TNI AU tidak boleh terbang lagi (grounded), sehingga pesawat yang tidak bisa terbang dialihfungsikan menjadi monumen, termasuk pembangunan Monumen Mig 17 Fresco dengan tail number 1130 di Kompleks Pagas pada tahun 1970. Pembangunan monumen bertujuan mengembalikan kejayaan kedirgantaraan TNI Angkatan Udara yang pernah dirintis Presiden Soekarno hingga menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia, bahkan terbesar di belahan bumi selatan.

Rangkaian acara peresmian meliputi pengguntingan pita, pelepasan balon merah putih, penanda tanganan prasasti, peninjauan monumen pesawat Mig 17 Fresco dan foto bersama. Turut hadir pada peresmian renovasi tersebut Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini,S.H.,M.D.S., beberapa Asisten Panglima TNI dan Asisten Kasau, Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan T., M.D.S., Dankoharmatau Marsda TNI Dento Priyono, Pangdam Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe Prasetya Boedi, Pangdiv II/Kostrad Mayjend TNI Tri Yuniarto SAP, MSi., MTr (Han), Kasgar II Surabaya Brigjend TNI (Mar) Lukman, para pejabat TNI, Polri juga Ibu-ibu Darma Pertiwi dan PIA Ardhya Garini.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel