Berita

Panglima TNI : Sumpah Pemuda Merupakan Deklarasi Kebangsaan

Dibaca: 3 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Ikrar Pemuda, yang kemudian lebih dikenal dengan Sumpah Pemuda pada dasarnya merupakan Deklarasi Kebangsaan atau penjelmaan dari Semangat, Rasa dan Faham Kebangsaan Indonesia.

 

Penegasan ini disampaikan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dalam sambutan yang dibacakan Kadissurpotrudau Marsma TNI Drs. Paulus D. Harsoyo, pada Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81, di Mabesau Cilangkap, Rabu (28/10), diikuti seluruh warga Mabesau baik militer maupun sipil

 

Dikatakan, paham kebangsaan itu kemudian menjadi embrio persatuan dan kesatuan bangsa, yang mengatasi dan memayungi spirit primordialisme suku, agama, ras dan berbagai golongan. Inilah yang kemudian mengkristal menjadi semboyan Binneka Tunggal Ika.

 

“Dalam konteks peringatan hari Sumpah Pemuda, maka jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan itu adalah Kebhinekaan yang dilandasi oleh Nilai-nilai Integratif atau persatuan dan kesatuan”, tegas Panglima TNI.

 

Menurutnya, demi persatuan dan kesatuan itu, setiap prajurit TNI terpanggil untuk secara terus-menerus memelihara dan meningkatkan kapasitas serta kualitas Kemanunggalan TNI-Rakyat yang didekasikan sebagai salah satu fundamen yang kokoh dalam melaksanakan pembangunan nasional sebagai perwujudan perjuangan segenap komponen generasi penerus bangsa.

Baca juga:  Lanud Dominicus Dumatubun Sebagai Koordinator Hut RI Ke-71 Kota Tual

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel