Berita

Panglima TNI ; “Tingkatkan Optimalisasi Peran TNI”

Dibaca: 5 Oleh 17 Jul 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Selasa (17/7), Bertempat di Hanggar Lanud Soewondo Medan, telah dilaksanakan apel Gabungan yang dipimpin langsung oleh Asintel Kosek Hanudnas III Kolonel Sus Drs. Andy M. Taufik, M. Def. Stud. Apel Gabungan tersebut dilaksanakan sebagai pengganti Upacara Bendera 17-an mengingat cuaca masih hujan. Apel Gabungan yang dilaksanakan tanggal 17 bulan Juli ini diikuti oleh para Asisten Kosek Hanudnas III, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosek Hanudnas III, Lanud Soewondo serta Paskhasau Kompi A-BS Medan.

Asintel Kosek Hanudnas III membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dalam amanatnya mengatakan bahwa mencermati perkembangan global, yang saat ini mengalami situasi yang kurang kondusif, baik dari aspek ekonomi maupun keamanan, Panglima TNI mengajak agar TNI benar-benar mampu membaca situasi berikut segala kecenderungan serta perkembangannya, sehingga dapat meningkatkan pemikiran prediktif dan langkah antisipatif dalam rangka menetapkan serta memelihara skala prioritas pembangunan kekuatan TNI yang dihadapkan kepada fluktuasi kondisi ekonomi dan keuangan Negara serta mendorong kita untuk bekerja lebih cermat dan hati-hati, sesuai agenda reformasi birokrasi TNI yang menjadi komitmen bersama, guna mendukung terciptanya Good Governance dan Clean Government yang menjadi Policy pemerintah.

Optimalisasi peran TNI, semata-mata merupakan panggilan moral dan fungsional TNI, dalam rangka menunaikan tugas kemitraan atau tugas perbantuan TNI seperti yang dilakukan dalam bentuk TMMD dan Manunggal KB-Kesehatan yang berlangsung dengan cukup efektif. “TNI sebagai alat dan komponen utama pertahanan negara, sudah seharusnya kita berkonsentrasi dan berinovasi dalam berbagai upaya membangun kesiap-siagaan guna menghadapi ancaman Non-militer sebagai dampak negatif dari kecenderungan perkembangan lingkungan strategis, dalam artian bahwa optimalisasi peran TNI sama sekali bukan bentuk ekspansi TNI seperti di masa lalu, untuk mencampur atau mengambil alih peran dan tugas pokok institusi lain”. Demikian penegasan Panglima TNI dalam amanatnya.

Pada sambutan tersebut Panglima TNI juga menekankan kepada segenap satuan, Prajurit dan PNS TNI agar meningkatkan profesionalitas keprajuritan, pegang teguh dan amalkan instruksi panglima TNI tahun 2008 tentang pedoman netralitas TNI dalam pemilu dan pilkada, jaga dan tingkatkan soliditas dan solidaritas prajurit antar angkatan dan tingkatkan optimalisasi peran TNI dibidang OMPS agar pembangunan nasional didaerah dapat lebih dipacu, lebih berhasil dan berdayaguna dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan nasional.

Baca juga:  DANWINGDIKTEKKAL: JADILAH ANDALAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel