Berita

PANGLIMA TNI TINJAU LATIHAN GULTOR DI IWJ

Dibaca: 8 Oleh 07 Jul 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Panglima TNI Jenderal Moeldoko didampingi Kepala Staf Angkatan beserta pejabat teras TNI, Pangkoopsau II beserta Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Donny Ermawan T., M.D.S., menyaksikan langsungn Latihan Gabungan Penanggulangan Teror (Gultor) TNI tahun 2014, yang dilaksanakan di Pangkalan Udara Iswahjudi Madiun, Senin (7/07/2014). 

Dalam latihan tersebut diskenariokan terjadi pembajakan oleh kelompok teroris di pesawat komersil jenis Boeing 737 milik maskapai AOSTRA Lines tujuan Jakarta, yang membawa delegasi World Economic Forum dari negara Aostra. 

Berbagai analisa opsi menemui kebuntuan, sehingga dilaporkan dalam forum koordinasi DKPT (Desk Koordinasi Pemberantasan Terorisme) di Jakarta. Selanjutnya Panglima TNI menunjuk Danjen Kopasus sebagai Pangkogasgab Gultor TNI untuk membentuk Kogasgab Gultor TNI dari satuan 81 Kopasus dan Satuan Bravo Paskhas TNI AU, untuk menyiapkan dua Detasemen dalam rangka operasi pembebasan sandera didalam pesawat Boeing 737 di Lanud Iswahjudi. 

Latihan yang melibatkan 323 personel terdiri dari 112 pelaku dan 211 pendukung tersebut, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit satuan Gultor TNI dalam melaksanakan operasi pembebasan sandera dalam pesawat Boeing 737 sekaligus pelaku latihan dapat menguasai pelaksanaan teknik infiltrasi secara senyap, teknik pembersihan, evaluasi sandera dan teroris, teknik menembak atas bawah penembak runduk, teknik deteksi dan evakuasi bahan peledak, teknik deteksi materiil dan personel menggunakan anjing pelacak serta teknik dan taktik pertempuran jarak dekat.

Baca juga:  LOMBA RENANG MERIAHKAN PERINGATAN KE-66 HARI TNI ANGKATAN UDARA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel