Berita

PANGLIMA TNI: TNI WASPADAI KEMUNGKINAN AKSI TERORISME

Dibaca: 7 Oleh 17 Sep 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

“TNI harus selalu waspada terhadap kemungkinan aksi terorisme, karena para teroris memiliki sasaran yang sangat variatif, seperti menyerang ruang publik, pusat perbelanjaan, tempat peribadatan, bahkan belakangan ini sasarannya diarahkan kepada aparat keamanan, khususnya Kepolisian”, jelas Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc., saat membacakan sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE., pada upacara 17an yang dilaksanakan bersama Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal dan Kompi B BS Paskhas di lapangan apel Skadik 304 Wingdiktekkal. Senin (17/9).

Lanjutnya dikatakan TNI perlu mawas diri bahkan harus mampu bertindak selaku perekat bangsa dan membantu terciptanya kondisi yang kondusif untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia yang cinta damai dan sangat religius. “Adanya indikasi suatu skenario yang didalangi oleh pihak-pihak yang memiliki agenda dan kepentingan tertentu untuk menciptakan instabilitas di Indonesia.”, hal ini disampaikan Panglima TNI melihat maraknya unjuk rasa yang sering terjadi, konflik berlatarbelakang SARA dan konflik hak atas tanah adat.

Dengan demikian, tegasnya, TNI juga harus berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya rasa aman, walaupun amanat Undang-Undang menetapkan tugas pokok TNI untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI, tetapi Undang-Undang juga mengamanatkan bahwa TNI berkewajiban untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dari berbagai ancaman termasuk aksi terorisme dan konflik komunal yang ada.

Dalam atensinya, Panglima TNI mengharapkan agar meningkatkan dan mempertahankan jati diri TNI yang selalu memegang teguh disiplin sehingga patut dijadikan teladan bagi masyarakat guna mewujudkan disiplin nasional. Selain itu, tetap tingkatkan kewaspadaan nasional terhadap upaya-upaya menggantikan Pancasila dengan ideologi yang lain, karena Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia yang plural.

Upacara ini dihadiri Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Heraldy Dumex Dharma, S.AP., M.Si (Han), para pejabat Lanud Suryadarma, pejabat Wingdiktekkal dan Kompi B BS Paskhas.

Baca juga:  Dan Skadron Udara 1 Ajak Keluarga Besar Tingkatkan Ketakwaan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel