Berita

PANGLIMA TNI: WILAYAH UDARA BUKAN LAGI TERITORIAL KOSONG

Dibaca: 5 Oleh 09 Apr 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

“Dewasa ini dan ke depan, wilayah udara bukan lagi teritorial kosong yang tanpa makna, akan tetapi menjadi salah satu wilayah perebutan kepentingan, baik dari aspek politik global, ekonomi maupun pertahanan,” ujar Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc saat membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE dalam upacara peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-67 di apron Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati. Selasa (9/4).

Menurutnya, power politic masih menjadi isu yang menonjol dalam perkembangan global dan penggunaan instrumen militer sebagai alat politik kekuatan bagi kepentingan diplomasi dan mengangkat posisi tawar dalam penyelesaian masalah bilateral atau internasional. Di sisi lain, katanya, pelanggaran wilayah udara nasional oleh pihak-pihak yang berkepentingan bukanlah hal yang ringan, melainkan ancaman yang bergerak paralel dengan perkembangan global. “Sehingga, menjadi tantangan yang harus senantiasa diantisipasi oleh TNI, khususnya TNI Angkatan Udara saat ini dan di masa mendatang,” tegasnya.

Bertemakan “Dengan Profesionalisme Dan Dedikasi Yang Tinggi, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan Negara Di Udara Demi Keutuhan NKRI”, Panglima TNI berharap, profesionalisme dan dedikasi yang dibangun pada tahun 2013 dapat melahirkan grand aerostrategy Indonesia yang mampu membangun interoperabilitas seluruh pertahanan udara TNI dan mengakomodir seluruh potensi udara nasional pada tataran operasional yang dihadapkan geostrategi Indonesia.

Baca juga:  Tingkatkan Disiplin Berkendara, Satpom Lanud Adisutjipto Gelar Opsgaktib

“Interoperabilitas pada tataran manajemen administrasi merupakan hal penting dalam mendukung program clean governance, khususnya transparasi dan akuntabilitas pelaksanaaan penggunaan anggaran dalam pemenuhan kebutuhan alutsista,”, ujarnya. Lanjut dikatakan, TNI Angkatan Udara telah melaksanakannya secara transparan dan akuntabel.

Setelah selesai upacara, dilanjutkan pengumuman pemenang pertandingan yang diadakan Lanud Suryadarma dalam rangka memeriahkan HUT TNI Angkatan Udara ke-67 yakni pertandingan menembak, bola voli putra, bulutangkis, tennis lapangan dan lari estafet bersenjata. Hadir dalam upacara HUT TNI Angkatan Udara ke-67 Bupati Subang Ojang Sohandi, Dandim 0605/Subang Letkol Kav Teguh Prayitno, Danyonif 312/Kala Hitam Letkol Inf Hengky Yuda Setyawan, Wakapolres Subang, Kompol Asep Pujiyono, para pejabat Muspida Subang, PPAU, Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal, Kompi B “BS” Paskhas dan Ibu-ibu PIA Ardhya Garini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel