Berita

PANGLIMA TNI : WUJUDKAN KEKUATAN POKOK MINIMUN PERTAHANAN

Dibaca: 5 Oleh 17 Des 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Kebijakan pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI yang dituangkan dalam perencanaan strategis TNI masih terfokus pada mewujudkan kekuatan pokok minimum pertahanan, dengan titik berat pada modernisasi dan melengkapi alutsista yang mengutamakan produksi dalam negeri, guna terwujudnya kekuatan pertahanan negara yang cukup dan lebih memadai.

Demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., dalam amanatnya pada upacara bendera 17-an yang di bacakan Kadiswatpersau Kolonel Nav. Subarno di Lapangan Apel Mabesau Cilangkap. Senin (17/12).

Dikatakan, makna dan hakekat dari kekuatan cukup adalah kekuatan yang mampu mengemban tugas-tugas operasional yang sedang dan akan diemban di masa depan serta dapat dikembangkan ditengah kemajuan teknologi militer, serta memancarkan deterrence effect atau daya tangkal yang tinggi, sehingga disegani oleh kawan atau lawan.

Aspek pembinaan, pemeliharaan dan perawatan terhadap apa yang telah dimiliki, baik personel, alat perlengkapan, alat utama maupun alutsista harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan sebagai landasan pacu yang kokoh sebelum adanya realisasi program 2013. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai usia pakai yang optimal dan menghindari serta menekan terjadinya resiko baik berupa incident atau accident hingga pada tingkat yang serendah-rendahnya.

”Setiap prajurit apapun tingkatannya disetiap unit kerja TNI, bahwa setiap resiko yang menimpa TNI, dampaknya amat luas bukan hanya merugikan prajurit dan materiil yang digunakan, melainkan langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi bahkan mengurangi kesiapan operasional satuan dalam melaksanakan tugas”, jelasnya.

Ditekankan, seluruh unsur pimpinan TNI baik di lingkungan Mabes TNI maupun dilingkungan angkatan, kiranya dapat mempersiapkan untuk memberikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan program dan anggaran sesuai Dipa 2012 secara transparan dan akuntabel, sekaligus menyiapkan strategi dalam melaksanakan program kerja dan anggaran tahun 2013 agar dapat berjalan secara efektif dan efisien bahkan mencapai over prestasi jika memungkinkan.

Baca juga:  UPACARA BENDERA MINGGUAN 28 APRIL DILANUD MUS SABANG

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel