Berita

Paparan Terjun Susparadas A-194 di Lanud Sulaiman

Dibaca: 21 Oleh 04 Apr 2022Tidak ada komentar
6 1
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson, S.E., M.M., dan para pejabat Lanud Sulaiman yang terkait dalam rencana latihan terjun  Kursus Para Dasar Angkatan ke-194, mengikuti paparan yang disampaikan Komandan Skadik 204 Lanud Sulaiman Mayor Pas Edi Gunawan, S.Sos., S.S., bertempat di ruang rapat Skadik 204 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab.Bandung. Senin (4/01).

Dalam paparan tersebut disampaikan bahwa tujuan pendidikan Susparadas A-194 adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada Prajurit TNI Angkatan Udara agar dapat melaksanakan terjun dasar serta memiliki sikap dan perilaku prajurit yang berjiwa Saptamarga dan Sumpah Prajurit serta kesamaptaan jasmani yang baik sesuai dengan bidang tugasnya.

Disampaikan pula bahwa para siswa telah menerima materi pendidikan jasmani para, teknik melipat parachute, teknik exit, teknik mendarat, teknik mengemudi, teknik M-3 (Mengepaskan titik pendaratan, Menggulung, Mengatasi seretan angin ), PPPK dan pengetahuan SAR. Selain itu, dijelaskan pula antara lain mengenai waktu dan tahap pelaksanaan terjun, macam dan materi latihan terjun, seksi pendukung latihan dan kesiapannya serta  sarana dan perlengkapan.

Baca juga:  LINDUNGI GENERASI MUDA, LANUD SIM DEKLARASI ANTI NARKOBA

“Diharapkan dengan materi yang telah disampaikan secara maksimal oleh para instruktur, para siswa dapat melaksanakan dengan penuh disiplin serta mengikuti prosedur dan tetap menjaga safety sehingga incident maupun accident yang tidak diinginkan dapat dicegah,” kata Danskadik 204.

Danlanud usai mengikuti paparan meninjau langsung gelar peralatan pendukung untuk praktek terjun setelah sebelumnya mengecek kesiapan para siswa. Kepada para instruktur, Danlanud pun menekankan agar setiap sesi penerjunan untuk selalu berkoordinasi secara ketat dengan semua pihak, seperti kesiapan pesawat pendukung serta penekanan safety dan security.

“Apabila menemukan kekurangan segera dikoordinasikan, ditindaklanjuti, dan dibenahi. “Tumbuhkan semangat dan motivasi antarsiswa serta laksanakan tugasnya masing-masing secara profesional,” jelas Danlanud dalam penekanannya yang juga menyampaikan bahwa sebelum melakukan penerjunan hendaknya selalu check and recheck  kelengkapan parasut.   

Praktek terjun yang diikuti 200 siswa tersebut akan  berlangsung dari tanggal 5 hingga 14 April 2022, dengan dropping zone di Runway Lanud Sulaiman. Para siswa akan melaksanakan materi terjun tujuh kali, terdiri dari enam kali terjun siang hari dan satu kali terjun malam hari.

Baca juga:  3.900 Peserta Tari Gemufamire di Lanud Adi Soemarmo Ambil Bagian Pecahkan Rekor Muri

# Sulaiman Beriman (Bersih, Integritas, Nyaman)

   

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel