Berita

Para Dasar Bentuk Sikap Mental dan Disiplin Militer

Dibaca: 359 Oleh 15 Feb 2012Tidak ada komentar
Para Dasar Bentuk Sikap Mental dan Disiplin Militer
#TNIAU 

Margahayu (15/2).   Para dasar yang diikuti para siswa ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Hal ini bukan semata-mata sebagai pencapaian kemampuan para dasar bagi para siswa. Akan tetapi, lebih dari itu adalah terbentuknya sikap mental dan disiplin militer yang baik. sikap mental dan perilaku disiplin yang baik yang memang diperuntukan bagi prajurit TNI AU, diharapkan akan terus bersemi dalam medan juang komunitas tentara nasional indonesia kapanpun dan dimanapun.

Demikian salah satu pernyataan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P pada sambutannya yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada acara pembukaan pendidikan Susparadas ( Kursus Para Dasar) Angkatan ke-171 yang dilaksanakan di lapangan ucapara staf II Lanud Sulaiman, Bandung. Pendidikan Susparadas yang dilaksanakan di Skadik 204 Lanud Sulaiman selama empat minggu tersebut diikuti sekitar 110 orang siswa.

Dijelaskan bahwa salah satu cara, untuk melengkapi kesemaptaan jasmani para prajurit TNI Angkatan Udara dalam mengenalkan matranya, dipersyaratkan pula dengan pendidikan para dasar, sebagai bekal bagi para prajurit untuk memperdalam pengetahuan, penghayatan serta kecintaan terhadap matra dirgantara dan teknologi kedirgantaraan. “ Pengembangan pengetahuan matra dirgantara ini, sangat perlu bagi seluruh siswa para dasar. Karena, di pundak kita terletak tanggung jawab terhadap semua kegiatan matra dirgantara, baik dalam bidang pertahanan negara maupun kegiatan-kegiatan lain, termasuk pembinaan minat dan potensi dirgantara, “ jelas Danlanud.

Baca juga:  Upacara 17 an Bulan September di Lanud Soewondo

Lebih lanjut Danlanud pun menyatakan bahwa tujuan pendidikan paradasar pada hakekatnya adalah memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sebagai prajurit peterjun, yang dilandasi dengan jiwa juang pancasila, sapta marga, sumpah prajurit serta memiliki kesemaptaan jasmani dengan katagori baik. Dengan latar belakang kemahiran dan ketrampilan yang dimiliki, diharapkan dapat mendorong para siswa berdisiplin tinggi, patuh dan taat kepada aturan negara sehingga disiplin nasional akan terwujud. “Selain itu, untuk membina kesiapan dan kemampuan tersebut, diperlukan latihan Pemantapan yang terus menerus dan berlanjut, “ tegas Danlanud.

Menurut Danlanud hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah keselamatan, ketelitian, dan kecermatan. Selain keberanian, juga diperlukan kesiapan mental, kesemaptaan jasmani, dan disipilin latihan yang tinggi. Disiplin dalam latihan akan menentukan kunci keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan. Dengan memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dan mengikuti prosedur-prosedur latihan yang telah ditentukan serta kepatuhan kepada instruktur diharapkan mampu memperlancar proses pendidikan ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel