Berita

PARTISIPASI WARA BANDUNG DALAM PPBN

Dibaca: 11 Oleh 25 Sep 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Empat orang Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) Bandung berpartisipasi dalam kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Alfalah II, Desa Nagreg Kendan, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

Kegiatan PPBN di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) sewilayah Kabupaten Bandung diselenggarakan oleh Kodim 0609/Kab. Bandung bertujuan agar para santri memiliki kesadaran bela negara yang dapat mewujudkan terciptanya kesadaran berbangsa dan bernegara, yang ditandai dengan sikap mental disiplin, taat hukum, serta tetap memelihara persatuan dan kesatuan sehingga pengetahuan serta ilmu yang diperoleh di ponpes dapat diimplementasikan di lingkungan masyarakat dengan semangat persatuan dan kesatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tujuan lain yang hendak dicapai yaitu agar para santri semakin mengembangkan budi pekerti luhur (karakter yang unggul) dalam menghadapi tantangan perkembangan jaman. Sehingga tema yang diangkat dalam kegiatan PPNB ini adalah ”Melalui PPBN di lingkungan Pondok Pesantren, kita wujudkan santri yang memiliki wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan berbudi luhur”.

Baca juga:  PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI TINJAU LANGSUNG KESIAPAN PENGAMANAN SEA GAMES KE-26 TAHUN 2011 PALEMBANG

Gabungan Wanita TNI yang terdiri dari masing-masing empat orang dari Wara dan Kowad, serta dua orang dari Kowal bertindak selaku pembina bagi santri puteri. Para peserta merupakan gabungan perwakilan santri putera dan puteri dari seluruh ponpes yang ada di Kabupaten Bandung sebanyak 300 santri.

Menurut Kapten Kal Tri Subirahwati, SE., yang mewakili Pembina dari Wara Bandung menyampaikan bahwa materi yang diberikan berupa teori dan praktek. Materi teori antara lain membahas tentang Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Nasional, Bela Negara dan Character Building, Sejarah Perjuangan Bangsa, Kenakalan Remaja dan Budi Pekerti, Bahaya Narkoba, Kesadaran Hukum, Leadership, Motivator, dan Pengetahuan Kesehatan (Bantuan Hidup Dasar).

Sementara untuk praktek, lanjutnya, meliputi Peraturan Baris Berbaris, (PBB), Olahraga, Outbond, Pelatihan Pengembangan Diri dan Renungan Malam.

”Partisipasi dari TNI AU juga membuka stand pameran dan pemutaran film tentang profil TNI AU”, tambah Kapten Tri. Menurut rencana, pelaksanaan PPBN dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel