Berita

PASIS SEKKAU A-96 KUNJUNGI KOHANUDNAS

Dibaca: 3 Oleh 16 Sep 2014Tidak ada komentar
PASIS SEKKAU A-96 KUNJUNGI KOHANUDNAS
#TNIAU 

Kas Kohanudnas Marsekal Pertama TNI Barhim didampingi para pejabat Kohanudnas menerima kunjungan 39 Pasis Sekkau A-96 TP. 2014 di ruang rapat Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta. Selasa (16/9). Kunjungan para siswa Sekkau tersebut dipimpin Dansekkau Kolonel Pnb Hari Widodo dalam rangka Karya Wisata dengan tema “Dengan Mengoptimalkan Pemberdayaan Ruang Udara Nasional TNI AU Siap Menegakkan Kedaulatan di Wilayah Perbatasan NKRI”.

Pangkohanudnas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kas Kohanudnas Marsma TNI Barhim mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara berdaulat memiliki kedaulatan penuh dan utuh terhadap ruang udara diatas wilayah NKRI, sesuai dengan ketentuan dalam Konvensi Chicago 1944 tentang Penerbangan Sipil Internasional. Hal ini dinyatakan pula dalam pasal 5 UU No. 1 Tahun 2009 tentang kedaulatan atas wilayah udara. Dalam rangka penyelenggaraan kedaulatan negara atas wilayah udara NKRI, pemerintah melaksanakan wewenang dan tanggung jawab pengaturan ruang udara untuk kepentingan penerbangan, perekonomian, pertahanan dan keamanan negara, sosial budaya serta lingkungan udara.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai komando utama operasional TNI,Kohanudnas bertugas menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas wilayah udara nasional secara mandiri ataupun bekerjasama dengan komando utama operasional TNI lainnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan serta kepentingan lain dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.Dihadapkan pada situasi dan kondisi serta dinamika perkembangan lingkungan strategis, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta era globalisasi, maka akan muncul kerawanan-kerawanan yang perlu diantisipasi secara cermat yang dapat menjadi ancaman yang dapat mengganggu stabilitas Nasional khususnya ancaman yang menggunakan media udara. Untuk itu, diselenggarakan operasi pertahanan udara secara terus menerus sepanjang tahun dalam upaya mempertahankan penguasaan wilayah udara nasional, tambahnya.

Baca juga:  SISWA SMP ISLAM AL-FALAH LDKS DI SKADIK 503

Usai pelaksanaan paparan mengenai organisasi, tugas dan tanggung jawab Kohanudnas dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan pemberian cinderamata.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel