TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pasis Sesko TNI Berkunjung Ke Koopsau II

DSC_3871

TNI AU.  Rombongan Pasis Dikreg XLV Sesko TNI mengadakan kunjungan ke Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara II dalam rangka kegiatan penyusunan Rentinkon Kotamaops TNI  bagi Pasis Dikreg XLV Sesko TNI TA. 2018. Senin (6/8). Rombongan dipimpin oleh Marsma TNI Firdaus Syamsudin, S.IP dengan jumlah 40 orang terdiri dari 27 orang Pasis dan 13 orang pengasuh.

Dalam sambutannya Pangkoopsau II Marsda TNI Fadjar Prasetyo, SE., M.P.P. yang dibacakan oleh Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI Julexi Tambayong mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir ini, kemampuan negara untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat juga berkurang.   gejala ini tampaknya akan terus berlangsung.   selain itu, pelembagaan politik untuk membangun sistem politik yang demokratis, juga masih akan menghadapi berbagai persoalan. Ketimpangan ekonomi dan masalah-masalah distribusi sumber-sumber ekonomi antara pusat dan daerah, akan memperkuat tuntutan-tuntutan daerah dalam proses desentralisasi di indonesia. Disamping itu konsekuensi letak geografis Indonesia yang berada di antara dua lempeng Asia dan  Australia, serta pertemuan arus tropis dan arus subtropis menyebabkan sering terjadinya bencana alam yang juga dapat mengganggu stabilitas nasional.

Begitu juga dengan masalah keamanan VVIP, keamanan di wilayah udara Koopsau II, kecelakaan penerbangan dan pelayaran, aksi terorisme, bencana alam kebakaran hutan dan lahan, konflik sosial dan lain-lainnya semuanyamembutuhkan perencanan yang matang dalam usaha untuk mengatasinya untuk mengantisipasi berbagai macam ancaman dan permasalahan yang mungkintimbul di tanah air pada umumnya dan di wilayah Koopsau II khususnya, maka perlu disusun suatu dokumen rencana tindakan dalam menghadapi kontinjensi dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dihadapkan pada kekuatan dan kemampuan nyata satuan Kotamaops TNI. Dalam rangka mendapatkan suatu perencanaan yang benar-benar up to date maka diperlukan kegiatan ini.

Lebih lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini  adalah untuk membahas tata cara penyusunan rencana tindakan Kotamaops TNI dalam menghadapi kontinjensi yang akan dirumuskan, dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang  diperkirakan akan terjadi di wilayah tanggung jawab Kotamaops TNI. Oleh karena itu kegiatan ini memiliki arti penting, karena melalui kegiatan ini diharapkan Kotamaops TNI mampu memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan TNI dalam menghadapi kemungkinan ancaman yang timbul, dalam  rangka menegakkan kedaulatan negara secara  terkoordinasi dan terpadu. Sekecil apapun ancaman yang mungkin terjadi baik dari dalam maupun dari luar negeri, perlu diantisipasi  dan disikapi  dengan  menyiapkan kemungkinan penangkalan dan penindakannya. Pungkas Pangkoopsau II.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pasis Sesko TNI Berkunjung Ke Koopsau II