TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pasis Seskoau A-55 Adakan Simposium

DSC_3492

TNI AU. Sebagai lembaga pendidikan, Seskoau mengagendakan penyelenggaraan simposium bagi para Pasis agar dapat menyampaikan tanggapan dan pendapat terhadap suatu masalah sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Hal tersebut disampaikan Komandan Seskoau Marsda TNI Johanes Berchmans SW ketika memberikan arahan pada pelaksanaan Simposium Tahap I Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-55 di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang Bandung Kamis (12/04).

Oleh karena itu, Danseskoau berharap, para Pasis dapat memberikan tanggapan, pendapat atau saran terhadap paparan yang akan disampaikan para Panelis sehingga Pasis mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya pada kegiatan simposium ini, sebagai salah satu persiapan menghadapi pelaksanaan Olah Yudha I tanggal 16 s.d. 19 April 2018 yang akan datang

Simposium yang mengambil tema “Kesiapan TNI AU guna menyelenggarakan Operasi Udara yang ideal menghadapi Perang Modern dalam rangka mendukung Operasi TNI”, menghadirkan dua Panelis, Marsda TNI Donny Ermawan T., M.D.S. dan Letkol Pnb Anton Pallaguna, S.E., M.MOAS.

Marsda TNI Donny Ermawan T., M.D.S. yang menjabat sebagai Staf Khusus Kasau, membawakan materi dengan judul “Perencanaan Operasi Udara Gabungan Dalam Menghadapi Perang Udara Modern” ini, salah satunya mengupas tentang karakteristik perang udara modern yang meliputi Multi Domain, terintegrasi tanah, laut, udara, ruang dan Cyber, Battlespace Management, sinkronisasi kemampuan militer dalam ruang dan waktu untuk meningkatkan kemampuan operasional secara keseluruhan / mengurangi insiden konsekuensi yang tidak diinginkan seperti menembak teman sendiri.

Selanjutnya Network Centric Operation Tectical Datalink, menyediakan sarana untuk berbagi informasi yang diproses dari Radar, Sonar, IFF, Electronic Warfare, Self-Reporting, dan Visual Observation dan yang terakhir Beyond Visual Range, keterlibatan udara ke permukaan dan udara ke udara.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pasis Seskoau A-55 Adakan Simposium