TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pasis Seskoau angkatan 48 Laksanakan Kuliah Kerja II di Kohanudnas

By 21 Jun 2011 14:16Berita
Exercise Pitch Black 2012

Perwira siswa Sekolah Staf dan Komando TNI angkatan Udara (Pasis Seskoau) angkatan 48 tahun pelajaran 2011 melaksanakan kuliah kerja II renkon di Makohanudnas Halim perdanakusuma, jakarta. Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Eddy Suyanto, ST didampingi Komandan Seskoau Marsda TNI Boy Syahril Qomar, SE membuka dengan resmi kegiatan kuliah kerja II renkon Pasis Seskoau angkatan 48 bertempat di Aula Leo Wattimena Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/6). Turut hadir pada acara tersebut Kas Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI M. Barkah para Asisten kas kohanudnas, kosekhanudnas I dan para pejabat staf lainnya.

Kuliah kerja II Renkon pasis seskoau angkatan 48 kali ini dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompak sejumlah 94 orang terdiri 5 orang pejabat, perwira siswa 61 orang, patun pembimbing 14 orang dan 14 orang pendukung melaksanakan kuliah kerja II ke Makohanudnas dipimpin langsung Danseskoau dan satu kelompok lagi melaksanakan tugas yang sama di Makoopsau I dipimpin Wadan Seskoau Marsma TNI Madar Sahib HS, Psc. SSP.

kuliah kerja II renkon Pasis Seskoau yang direncanakan selama empat hari ini, dimaksudkan untuk memenuhi kurikulum yang direncanakan lembaga pendidikan, dengan harapan para pasis dapat mengetahui dan memahami lebih dalam tugas dan tanggungjawab yang dilaksnanakan oleh kohanudnas dan jajaran, mulai dari pendeteksian adanya lasa, pencegahan, tindakan hingga penghancuran musuh yang akan memasuki wilayah NKRI. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melaksanakan kuliah kerja II Renkon kotamaops TNI ini sangat berarti bagi para pasis untuk memantapkan dalam menyusun rencana tindakan kontijensi kotamaops TNI yang akan disosialisasikan pada saat para pasis melaksanakan olah yudhanantinya.

Pangkohanudnas Marsda TNI Eddy Suyanto, ST mengatakan, Kohanudnas merupakan salah satu Kotamaops TNI mempunyai tugas dan tanggungjawab melaksanakan operasi pengamanan sepanjang tahun dalam mengamanankan wilayah udara nasional secara terpadu guna mewujudkan tetap terjaganya kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan adanya dukungan alutsista yang memiliki kemampuan pengawasan udara seperti radar sebagai deteksi dini, kemampuan penindakan dengan menggunakan pesawat tempur sergap, rudal dan meriam hanud serta upaya pencegahan dan penanggulangan dalam bentuk hanud pasif.

Pangkohanudnas mengharapkan, agar para perwira siswa seskoau dapat memanfaatkan waktu yang tersedia dengan baik, adakan pengamatan, penganalisaan dengan cermat dan laksanakan evaluasi kemungkinan adanya ancaman potensial yang datang baik dalam maupun ancaman dari luar terhadap penyelenggaraan pertahanan negara khususnya ancaman yang menggunakan media udara, begitu pula para pejabat staf kohanudnas agar memberikan fasilitas dengan memberikan data yang diperlukan para siswa terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sementara itu Danseskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qomar, SE dalam sambutannya mengatakan, setiap perwira TNI dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengantisipasi dan memprediksi terjadinya suatu pristiwa yang tidak diinginkan, dimana bila hal tersebut terjadi dapat menimbulkan situasi yang dapat mengganggu pertahanan negara kita. Sebelum melaksanakan kegiatan ini para pasis telah menerima penjelasan maupun paparan yang diberikan para dosen, dengan memperoleh gambaran secara langsung dari para pemapar diharapkan para pasis dapatlebih memantapkan dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang proses pembuatan rencana tindakan kontijensi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasis Seskoau angkatan 48 Laksanakan Kuliah Kerja II di Kohanudnas