TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

PASKHAS BERHASIL MEREBUT LANUD ABDULRACHMAN SALEH

By 11 Jun 2012 15:15Berita
BAE-IAF_0214

Dengan mengandalkan kemampuan tempur darat dan udara, Satgas Paskhas berhasil melumpuhkan kekuatan pasukan Negara Negasor Aborinesia dan personel Gerakan Separatis Bersenjata (GSB) yang telah menduduki Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (8/6/).

Kekuatan musuh dapat ditumpas habis melalui sebuah operasi perebutan Pangkalan Udara dengan sandi “Harda Marutha II 2012”, selain berhasil merebut Lanud Abd. Saleh, satgas Paskhas juga telah berhasil menumpas sisa-sisa pasukan musuh yang berhasil meloloskan diri dari Lanud Abd Saleh menuju daerah-daerah pelolosan musuh di Gunung Petung dan Gunung Gondomayit maupun yang berhasil lolos ke daerah Jabung dan Lawang.

Demikian akhir dari Manuver Lapangan latihan tingkat Wing “Harda Marutha II” yang dilaksanakan oleh satuan Wing II Paskhas, dengan mengambil daerah latihan di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, daerah Singosari, Jabung dan Lawang.

Latihan “Harda Marutha II” diawali dengan kegiatan Geladi Posko yang telah berlangsung dari tanggal 31 Mei sampai dengan 2 Juni 2012 dan dilanjutkan Manuver Lapangan tanggal 5 s.d 8 Juni 2012 . Bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan adalah Komandan Wing II Paskhas (Kolonel Psk Budi Sumarsono), dan Direktur Latihan adalah Komandan Batalyon 463 Paskhas (Letkol Psk Roosen L Sinaga).

Latihan Hardha Marutha II yang merupakan Latihan Puncak jajaran Wing II Paskhas melibatkan personel dari Batalyon 463 Paskhas Madiun, Batalyon 464 Paskhas Malang, Batalyon 466 Paskhas Makassar, Batalyon 468 Paskhas Biak dan Kompi D BS Paskhas Kupang serta Kompi E BS Paskhas Yogyakarta, merupakan latihan satuan yang dilaksanakan setahun sekali sebagai tindak lanjut dari Program latihan Satuan Wing II Paskhas yang bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan tempur satuan jajaran Wing II Paskhas. Selain itu juga untuk menguji doktrin, Juknis maupun protap dan sistem komando yang muaranya pada tingkat profesionalisme prajurit serta kesiapan satuan jajaran Wing II Paskhas.

Operasi Perebutan Pangkalan Udara diawalai dengan penerjunan malam hari (Infiltrasi) Tim Pengendali tempur (Dalpur) di Drooping Zone di daerah Bedali Singosari, dilanjutkan dengan Penerjunan 1 Batalyon Tempur (Yon 464 Paskhas/Nanggala dibawah pimpinan Danyon 464 Paskhas Letkol Psk Ari Ismanto) untuk merebut fasilitas/instalasi Lanud Abd. Saleh yang telah dikuasai musuh yang selanjutnya dilaksanakan penerjunan Tim Pengendali Pangkalan (Dallan) untuk mengendalikan dan mengoperasikan kembali secara terbatas Pangkalan Abd. Saleh.

Dalam rangkaian Manuver Lapangan latihan “Hardha Marutha II” dilatihkan berbagai materi pertempuran darat diantaranya Patroli Jarak jauh, penyergapan Bivak musuh, Penghadangan, BOD, teknik dan taktik Pengepungan dan pembersihan Kampung serta teknik penggeledahan rumah yang dicurigai dijadikan sebagai basis persembunyian pasukan Aborinesia dan Gerakan Separatis yang melarikan diri dari Pangkalan Udara Abd. Saleh.

Dalam upacara penutupan Latihan Hardha Maruta II Tahun 2012 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Wing II Paskhas, Komandan Wing II Paskhas selaku Pimpinan Umum Latihan memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit Paskhas yang dalam latihan tersebut telah melaksanakan latihan dengan semangat dan pantang menyerah sehingga latihan tersebut dapat berjalan lancar, aman dan sukses. Kegiatan latihan diakhiri dengan dilaksanakan kaji ulang/evaluasi yang dihadiri para Komandan Satuan yang terlibat dalam Latihan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PASKHAS BERHASIL MEREBUT LANUD ABDULRACHMAN SALEH