TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

PASKHAS REBUT KEMBALI BANDARA NOTOHADINEGORO DARI KEKUASAAN AGRESOR

By 28 Mar 2014Berita
Exercise Pitch Black 2012

Batalyon Komando 464 Paskhas berhasil melaksanakan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) dengan sasaran Bandara Notohadinegoro Jember, karena dianggap sangat penting untuk direbut dan dikuasai karena memiliki lokasi yang sangat strategis di kawasan timur Provinsi Jawa Timur. Kamis, (27/03).

Sebelumnya bandara tersebut telah dikuasai oleh agressor Negara lain dan telah direbut kembali melalui sebuah operasi militer yang ditugaskan kepada pasukan elit TNI AU, Korpaskhas. Pimpinan atas menaruh kepercayaan tinggi terhadap Yonko 464 Paskhas untuk mengemban misi tersebut.

Dalam operasinya, Yonko 464 Paskhas tidak sendiri namun ada Detasemen Matra 2 Paskhas yang secara sistem turut berperan dalam operasi tersebut. Dalam operasi ini Detasemen Matra 2 Paskhas menurunkan tim khususnya antara lain Tim Dalpur dan Tim Dallan, Tim Combat SAR dan Tim Jump Master.

Operasi militer dimulai dari penyusupan satu Tim Dalpur Denmatra 2 Paskhas pada malam hari melalui penerjunan freefall dengan menggunakan pesawat Hercules C130 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd. Saleh, Malang. Setelah Tim Dalpur tersebut berhasil melakukan infiltrasi segera melakukan obersvasi guna menyiapkan sebuah droping zone untuk melaksanakan operasi selanjutnya berupa operasi perebutan pangkalan yang dilaksanakan oleh Yonko 464 Paskhas melalui infiltrasi udara menggunakan metode terjun static. Dalam pelaksanaannya dilibatkan pula satu tim Combat SAR yang bertugas untuk menyelamatkan Pilot pesawat tempur TNI AU yang ditawan oleh musuh.

Tim Dallan yang diterjunkan bersama sama dengan Batalyon Perebutan dan Pertahanan Pangkalan dari Yon Parako 464 Paskhas selanjutnya melaksanakan tugasnya masing-masing mulai dari Pengaturan Lalu Lintas Udara (PLLU), Meteorologi, Perminyakan, fasilitas instalasi bandara hingga pengecekan runway dan taxiway dan lain lain sehingga bandara dapat dioperasionalkan kembali untuk kegiatan penerbangan dalam rangka mendukung operasi selanjutnya, sementara pasukan dari Yon Parako 464 Paskhas melaksanakan tugas untuk mempertahankan bandara yang telah dikuasai dari usaha – usaha musuh untuk merebutnya kembali.

Kegiatan tersebut adalah skenario Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) yang merupakan bagian dari operasi udara yang dilaksanakan oleh pasukan dari Yonko 464 Paskhas dan Denmatra 2 Paskhas serta didukung oleh Lanud Abd Saleh Malang dalam rangka latihan Nanggala Sakti 2014. Latihan tersebut dikendalikan dan disaksikan langsung oleh Danyonko 464 Letkol Psk Joko Prasetyo dan Dandenmatra 2 Paskhas Mayor Psk Deni Ramdani serta beberapa pejabat Lanud Abd Saleh Malang. Latihan Nanggala Sakti 2014 kali ini digelar bersama sama dengan Latihan Garuda Perkasa Lanud Abd Saleh, Malang dengan menggunakan daerah latihan di Bandara Notohadinegoro, Jember, Jawa Timur.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

PASKHAS REBUT KEMBALI BANDARA NOTOHADINEGORO DARI KEKUASAAN AGRESOR