Berita

Pasukan Anti Huru Hara Lanud Surabaya Bubarkan Demonstran

Dibaca: 20 Oleh 06 Sep 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU Surabaya, Selasa (06/09), didemo massa dari warga Sedati sekitar Lanud. Mereka melakukan unjuk rasa karena pada hari sebelumnya anggota Satpom yang sedang melaksanakan jaga telah menegur warga yang memarkir motor di sepanjang jalan protokol masuk Lanud. Ada salah seorang warga yang tidak terima ditegur oleh anggota Satpom Lanud Surabaya yang selanjutnya memprovokasi warga lainnya untuk melaksanakan demo di Mako Lama Lanud Surabaya.

Pasukan Anti Huru Hara Lanud Surabaya yang sudah disiagakan sejak awal yang berjumlah 1 peleton dan dibantu personel Pomau berusaha menahan gerak maju dari para demonstran dengan membentuk pagar betis secara berlapis. Para pejabat Lanud Surabaya melaksanakan negosiasi dengan pendemo dan menghimbau agar pendemo mundur dan melaksanakan demo secara tertib.

Demo yang semula berjalan tertib, meningkat dan mengarah ke tindakan anarkis. Massa terus memprovokasi Pasukan Anti Huru Hara (PHH) Lanud Surabaya dan melempari dengan barang-barang yang ada di sekitar mereka. Untuk meredam agar suasana tidak berubah menjadi kacau, personel pengamanan yang sudah diturunkan sejak awal telah menangkap beberapa orang yang dianggap sebagai provokator. Setelah dilakukan tindakan tegas, perlahan-lahan para pendemo dapat dipaksa mundur dan membubarkan diri.

Baca juga:  AAU PERINGATI ISRA MI’RAJ

Demikian Skenario Demonstrasi yang digelar pada latihan Pasukan Anti Huru Hara (PHH) di Mako Lama Lanud Surabaya yang dilaksanakan oleh anggota Lanud Surabaya. Latihan ini dilaksanakan setelah pelaksanaan apel pagi dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Surabaya, Letkol Pnb Riky Helman.

Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Surabaya, “Tujuan dilaksanakannya latihan PHH ini adalah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi khususnya huru hara yang terjadi di sekitar Lanud Surabaya. Latihan PHH ini juga untuk melatih prajurit TNI AU tentang pemahaman terhadap pengetahuan tentang PHH dan ketrampilan menggunakan alat-alat yang dimiliki, menguji doktrin protap prajurit dalam menangani PHH sehingga mampu mengatasi ancaman dari para demonstran seefektif mungkin bila sewaktu-waktu terjadi diLanud Surabaya”.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel