Berita

Pasukan Lanud Wiriadinata Berhasil Menangkap Kelompok Bersenjata di Parigi, Pangandaran.

Dibaca: 50 Oleh 27 Agu 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Setelah melaksanankan pengintaian terhadap sasaran kelompok bersenjata yang menduduki POS TNI AU Parigi Kab. Pangandaran, 1 pleton pasukan cadangan Lanud Wiriadinata dengan Komandan Pleton Lettu Lek Rianto, berhasil melaksanakan penyerangan fajar, Sabtu (24/8) dan berhasil merebut kembali pos parigi yang sempat dikuasai kelompok musuh.

Pada penyerangan tersebut sempat terjadi baku tembak antara kelompok bersenjata dengan Pasukan Lanud Wir. Kelompok bersenjata ini teridentifikasi sebagai kelompok radikal dunia yang selalu menebar aksi teror dan selalu melindungi dirinya dengan membawa senjata api serta Bom bunuh diri yang menempel dibadannya. Mereka masuk melalui jalur laut kewilayah perairan indonesia dan melakukan persinggahan di Kab.Pangandaran.

Penyerangan pasukan cadangan Lanud Wiriadinata terhadap kelompok bersenjata ini berawal dari adanya berita intelejen yang masuk, tentang adanya golongan radikal yang akan melakukan aksi teror dan menduduki Pos Parigi. Dengan adanya laporan tersebut maka Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Indan Gilang B., S.Sos segera memerintahkan Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Aang Sukmaya untuk menyiapkan 1 pleton pasukan cadangan Lanud Wiriadinata guna mempertahankan dan mengamankan wilayah Pos TNI AU Parigi dari ancaman pihak teroris pengacau keamanan.

Baca juga:  DAN LANUD PADANG SERAHKAN BANTUAN PENDIDIKAN

Selanjutnya Komandan Lanud Wiriadinata sebagai Komandan Satlaksopsud memimpin operasi terpadu pertahanan pangkalan sesuai wilayah Pos Parigi yang menjadi tanggung jawabnya dalam mengantisipasi serangan dan menghancurkan segala bentuk kekuatan musuh yang berusaha masuk dan menduduki wilayah POS TNI AU Parigi yang menjadi tanggung jawab Lanud Wiriadinata. Demikian sekelumit skenario Latihan Pertahanan Pangkalan Lanud Wiriadinata tahun 2013, di Pos TNI AU Parigi Pangandaran.

Pelaksanaan latihan Hanlan sendiri berlangsung selama dua hari bertempat di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya dan POS TNI AU Parigi yang berada di Kab.Pangandaran. acara pelaksanaan Latihan Sendiri disaksikan oleh Pejabat Bupati Kab.Pangandaran Enjang Nafandi, Camat, Danramil, Kapolsek dan para pejabat dilingkungan Kab. Pangandaran.

Dalam pelaksanaan latihan tersebut dilibatkan 1 Pleton Pasukan Cadangan dan 134 personel pendukung guna melaksanakan latihan serta Bakti Sosial untuk Warga sekitar POS TNI AU Parigi. Pasukan sendiri bergeser ketempat sasaran pada hari jum,at, yang sebelumnya melaksanakan apel kesiapan dipimpin Danlanud untuk mengecek kesiapan Personel, senjata, peralat komunikasi, kendaraan dan sarana pendukung lainnya. Acara diakhiri dengan upacara penutupan latihan Hanlan, dilandasan udara Parigi.

Baca juga:  PENATARAN WASDALNIL DAN PELAKU LATIHAN PERKASA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel