Berita

Pasukan PHH Lanud Yohanis Kapiyau Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Aksi Huru-Hara di Bandara Mozes Kilangin Timika

Dibaca: 7 Oleh 25 Nov 2021Tidak ada komentar
IMG 1668
#TNIAU 

TNI AU.   Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Surono memerintahkan Kepada Kepala Dinas Operasi (Kadisops ) Kapten Pom Galih Candra A untuk meninjau Penanggulangan Huru-Hara (PHH) Lanud Yohanis Kapiyau dalam aksi penanggulangan Huru-Hara di Bandara Mozes Kilangin,  Rabu (29/11/2021).

Pelaksanaan Latihan tersebut digelar dipintu masuk Bandara Mozes Kilangin Terminal lama yang tidak jauh dari Lanud Yohanis Kapiyau Kabupaten Timika Papua.

Adapun skenario latihan disimulasikan bahwa ada sekelompok masa yang bergerak maju menuju Bandara Mozes Kilangin untuk melakukan unjukrasa perihal tidak adanya kepuasan terhadap keberadaan Bandara Mozes Kilangin yang sedang dilaksanakan pembangunan.

Para pendemo berjalan dari kampung setempat menuju gerbang Bandara dengan tindakan yang anarkis dengan membawa kayu dan melempari petugas dengan kayu dan situasi memanas tidak terkendali.

dengan adanya kejadian tersebut Danlanud memerintahkan Kadisops untuk menggerakan 1 peleton pasukan PHH dan 1 mobil Ambulance.

Pasukan PHH Lanud Yohanis Kapiyau bergerak cepat dan sigap melakukan tindakan tegas dengan memukul mundur dan menangkap beberapa pendemo yang dianggap sebagai provokator demo.

Baca juga:  Sambut Lebaran, Pangkosekhanudnas I Bagikan Bingkisan

Dalam kesempatan yang sama Kadisops Kapten Pom Galih Chandra Artileri menyampaikan kepada peserta latihan untuk melaksanakan latihan dengan serius dan sungguh-sungguh, apa yang telah dilatihkan agar diterapkan di lapangan sehingga tujuan latihan bisa tercapai dan terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Kegiatan ini melibatkan 1 peleton Pasukan PHH, 1 regu Satpomau, 1 tim Ambulance serta ditambah personel Lanud Yohanis Kapiyau dan juga TBO Lanud Yohanis Kapiayu selaku pendemo. pelaksanaan latihan berjalan dengan aman dan lancar walaupun hujan turun selama pelaksanaan latihan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel