halaman

PATAKA KOMANDO OPERASI TNI AU II

Dibaca: 380 Oleh 25 Agu 2010Tidak ada komentar
PATAKA KOMANDO OPERASI TNI AU II
#TNIAU 

 

PATAKA KOMANDO OPERASI TNI AU II

 

ARTI DAN MAKNA

Penggunaan Pataka dan Badge Komando Operasi TNI AU II ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Nomor : Kep/82/XII/1985, tanggal 23 Desember 1985.

a.    Arti gambar Swa Bhuwana Paksa yang tertera pada Pataka, sesuai dengan isi Keppres Nomor : 237 Tahun 1952, tanggal 4 Oktober 1952, mengandung makna “Sayap Tanah Air”.

b.    Gambar Pataka :

1). Gambar Swa Bhuwana Paksa dan 4 Garuda yang memenuhi keempat sudut Pataka melambangkan keperkasaan menguasai matra udara serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas-tugas mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2). Gambar Perisai dengan kepala Cakra ditengah kobaran api melambangkan senjata pamungkas yang ampuh. Kepala Cakra bermata 7 buah melambangkan jiwa Sapta Marga yang merupakan landasan bertindak setiap prajurit dalam jajaran Koopsau II.

c.    Arti Warna :

1). Kuning emas berarti keluruhan, keagungan dan kewibawaan yang melambangkan sikap setiap prajurit dalam melaksanakan tugasnya.

2). Hitam berarti ketepatan hati dari sifat seorang Ksatria, melambangkan kebulatan tekad dan kerelaan berkorban dalam melaksanakan tugas.

3). Merah berarti berani dan berilmu, melambangkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, khususnya di bidang matra udara.

4). Putih berarti suci, tulus dan ikhlas yang melambangkan keikhlasan prajurit Koopsau II untuk rela berkorban dalam memberikan darma bhaktinya kepada Negara dan bangsa.

d.    Makna Seloka “ Abhibhuti Antarikshe “ :

1). Abhibhuti : Keunggulan.

2). Antarikshe : Angkasa, Udara.

3). “Abhibhuti Antarikshe“ mengandung makna bahwa Koopsau II dengan penguasaan matra uadara mempunyai tekad dan tujuan “Di Udara Kita Unggul” (Air Superiority).

e.    Mahkota berwujud burung Garuda berwarna kuning emas, dengan sayap berkembang dan dibawahnya terletak bola dunia dengan peta wilayah NKRI, melambangkan media bergerak/bertindak sebagai pengamanan yang tangguh di dirgantara.

f.    Makna Pataka secara keseluruhan adalah dengan dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Koopsau II selalu unggul di udara dan berani serta rela berkorban mempertahankan kedaulatan NKRI.

Baca juga:  Lambang Panji-Panji

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel