Berita

”Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”

Dibaca: 15 Oleh 08 Okt 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

HUT TNI Ke 69 di Wilayah Kalimantan Selatan

Tak terasa 69 tahun sudah TNI mengabdi kepada kepada Ibu Pertiwi. Di usia yang tergolong senja bagi seorang manusia, namun tidak bagi prajurit TNI di seluruh Nusantara. Dengan mengusung tema “Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”, upacara Puncak Peringatan HUT ke 69 Tentara Nasional Indonesia (TNI) se-Kalimantan Selatan dilaksanakan di Lapangan Murdjani Kota Banjarbaru, Selasa, (7/10). Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Badan Intelijen Daerah Kalimantan Selatan (Kabinda Kalsel) Brigjen TNI Okta Hendarji. 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., didampingi oleh Ketua PIA AG Cab.12/D.II Lanud SAM Ny. Diana Esron Sinaga, SE., Ak., hadir pada Upacara Puncak Peringatan HUT ke 69 TNI di wilayah Kalsel tersebut yang diikuti oleh satu SSK pasukan dari Lanud SAM dan seluruh unsur kesatuan TNI/Polri Kalsel dan instansi sipil lainnya. Turut menghadiri pula diantaranya, Kasdam VI/MLW Brigjen TNI Lodewyk Pusung, Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Wakapolda Kalsel Kombes Pol Sukirman, Komandan Korem 101/ANT Kolonel Inf Suharjono, S.IP., Komandan Rindam VI/MLW Kolonel Inf Awal Nur, Komandan Lanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Haris Bima Bayu Seto, Sekda Prov Kalsel M. Arsyadi, Walikota Banjarbaru HM. Ruzaidin Noor, para unsur FKPD Tk. I dan II Prov Kalsel, para pejabat TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya yang tak bisa disebutkan satu-satu persatu. 

Baca juga:  LATIHAN KESEHATAN LAPANGAN DAN PENGUNGSIAN MEDIK UDARA

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko yang dibacakan oleh Kabinda Kalsel Brigjen TNI Okta Hendarji selaku inspektur upacara HUT TNI ke 69 wilayah Kalsel mengatakan serta mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI agar dapat memaknai usia TNI ke-69 ini, dengan tekad dan janji, untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian dimasa-masa yang akan datang. Ada tujuh hal yang harus diingat para prajurit TNI yakni, mantapkan iman dan takwa, menempatkan tugas diatas segala-galanya, menjunjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan mencermati serta mengantisipasi perkembangan situasi secara terus menerus terhadap adanya upaya mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, memegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, membina soliditas satuan, menegakkan rantai komando, memantapkan kepemimpinan lapangan, budayakan belajar dan berlatih. 

Usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke 69 di Kalsel, sejumlah undangan dan para hadirin disuguhkan demonstrasi aksi tarung dan bela diri militer Yongmoodo dan berbagai parade serta defile kekuatan prajurit TNI wilayah Kalsel. Dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah syukuran HUT TNI ke 69 di Aula Bina Satria Kota Banjarbaru. Dalam kegiatan ramah tamah dan syukuran tersebut acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Danrem 101/Ant, Danlanal Banjarmasin dan Danlanud SAM. Acara tersebut juga dihibur dengan menampilkan pelawak legendaris Tarzan dan Marwoto untuk memberikan hiburan yang menyegarkan dan mampu mengocok perut para tamu undangan yang hadir selama hampir dua jam. Apalagi dengan seragam PDL Loreng, Marwoto berpangkat Sersan Satu dan Tarzan berpangkat Kopral Kepala yang disandangnya, mereka mampu berinteraksi dengan seluruh tamu undangan secara leluasa dan saling mengisi joke-joke yang dilontarkan. 

Baca juga:  Mohon Keselamatan Lanud Rsn Gelar Doa Bersama

Semoga eksistensi TNI kedepan dimasa yang akan datang dapat semakin lebih maju, profesional dan dicintai rakyat serta lebih mengedepankan nilai-nilai persuasif ketika berhadapan dengan masyarakat, dan bertindak tegas ketika menghadapi ancaman dan gangguan terhadap NKRI.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel