TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peduli Kesehatan, PIA AG Lanud Sim Undang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia

sambutan

TNI AU. Bukan sebuah rahasia apabila kesehatan menjadi bagian terpenting bagi setiap manusia dimana dengan kondisi tubuh sehat akan diikuti jiwa yang baik dan pikiran yang seimbang. Tubuh yang sehat mampu mendukung segala aktifitas, terutama ibu-ibu sebagai salah satu pilar dalam meciptakan keluarga sehat, sejahtera dan harmonis dalam membimbing putra-putri serta mendampingi suami.

gerakan_sadari

PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda melakukan gerakan Sadari (Periksa Payudara Sendiri).

Kepedulian terhadap kesehatan, PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda mengundang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) untuk memberikan penyuluhan kesehatan mengenai deteksi dini serta pencegahan tumor dan kanker dalam rangka HUT LXII PIA Ardhya Garini di VIP Room Lanud Sultan Iskandar Muda, Jumat (9/11). Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rulli Indrastanto mengatakan bahwa kanker sebagai penyebab utama kematian secara global dimana telah menelan 8,8 juta nyawa hingga 2015 lalu menurut data WHO dan sebanyak 571 ribu wanita di seluruh dunia meninggal karena kanker payudara.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujar Ny. Rulli Indrastanto seraya mengajak anggota PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda dan PIA Ardhya Garini Anak Ranting 002-03-4/G.IV Kipan C Yonko 469 Paskhas memperhatikan bagaimana cara deteksi dini dan pencegahan kanker yang disampaikan Bapak Ahlun Naza, S.Tr.Kep., selaku Konsultan Kesehatan YSKI.

Menurut Ahlun Naza, YSKI bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung mengenai kanker, kenali gejala-gejala kanker dan bagaimana menghindari kaker. Lanjut dikatakan kanker merupakan suatu perubahan sel menjadi tidak normal yang dapat berawal dari adanya tumor atau benjolan abnormal di dalam tubuh dimana faktor pemicunya genetik atau keturunan, bahan-bahan kimia, zat karsinogen yang terdapat di makanan dan minuman serta cara penyajian makanan yang salah.

foto_bersama

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rulli Indrastanto foto bersama dengan para konsultan kesehatan dari YSKI

Kesempatan ini dipergunakannya untuk membahas kanker serviks dan kanker payudara. Kanker serviks, menurutnya, jenis kanker yang kerap kali menyerang wanita dan berkembang di leher rahim, namun dapat dideteksi sejak dini melalui papsmear dan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (test IVA). Sedangkan cara sederhana deteksi dini kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (Sadari) yaitu dalam posisi berdiri kedua tangan diangkat sejajar bahu beberapa menit kemudian diangkat ke atas beberapa menit diulang-ulang kemudian menggunakan tiga ujung jari meraba, dan tekan seluruh area payudara hingga sekitar ketiak apakah terdapat benjolan-benjolan yang tidak wajar.

Selain mendeteksi secara dini, tambahnya, disarankan juga untuk melakukan pencegahan dengan cara pola makan yang sehat dan teratur, konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran, hindari makanan yang berlemak tinggi, hindari makanan yag mengandug zat carsinogen atau pegawet serta olahraga secara teratur. “Ayo hidup sehat dari sekarang,” ajakannya.

Peduli Kesehatan, PIA AG Lanud Sim Undang Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia