Berita

Pekan Disiplin, Satpomau Lanud J.B. Soedirman Gelar Pemeriksaan Kendaraan Pribadi dan Dinas

PEKAN DISIPLIN, SATPOMAU LANUD J.B. SOEDIRMAN GELAR PEMERIKSAAN KENDARAAN PRIBADI DAN DINAS
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Satuan Polisi Militer Lanud J.B. Soedirman Kapten Pom I Gusti Putu Gunawan, S.S.T Han., bersama Personel Pomau Lanud Jbs menggelar Operasi Penegakan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib (Gakumplin Tatib) dengan sasaran pemeriksaan kelengkapan serta kelayakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat milik pribadi maupun dinas yang ada di Lanud J.B. Soedirman, Rabu (02/10).

Pemeriksaan kendaraan yang dilaksanakan dadakan setelah apel pagi tersebut, merupakan kegiatan pekan disiplin dalam rangka peringatan HUT ke-74  TNI Tahun 2019 oleh Satpomau Lanud Jbs yang meliputi pemeriksaan kelengkapan surat-surat berkendara dan fisik kendaraan serta surat identitas diri.

Kegiatan pemeriksaan diawali dengan menempatkan kendaran tersusun rapih di lapangan dan para pemiliknya berdiri di samping kendaraan masing-masing. Dilanjutkan dengan pemeriksaan diantaranya adalah surat-surat identitas diri yang terdiri dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA), Passring, Surat Ijin Mengemudi (SIM) (TNI/umum), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), kelengkapan kendaraan bermotor, penggunaan helm standart, serta kelengkapan lainnya.

Dansatpomau Lanud Jbs dalam keterangannnya menyampaikan bahwa pengecekan kendaraan dinas tersebut sudah menjadi rutinitas satuan untuk mengetahui kesiapan operasional kendaraan apakah kendaraan tersebut masih layak atau tidak sehingga kondisi kendaraan selalu siap bila sewaktu-waktu dioperasionalkan guna mendukung kelancaran tugas.

Dansatpomau Lanud Jbs juga menambahkan bahwa operasi semacam ini dilaksanakan secara rutin dan terjadwal, namun waktu pelaksanaannya dilakukan secara rahasia dan mendadak dengan harapan, efek dari pendadakan ini dapat memberikan dampak psikologis bagi personel untuk selalu disiplin, patuh dan taat kepada aturan, tata tertib, serta hukum yang berlaku.

Bagi anggota yang kedapatan melanggar akan diberikan surat tilang sesuai dengan jenis pelanggarannya dan akan dicatat serta dilaporkan kepada atasannya untuk diberikan sanksi baik berupa teguran lisan maupun tindakan disiplin. “Selain itu, ada atau tidaknya pelanggaran yang dilakukan, Satpom Lanud JBS akan tetap membuat laporan ke Komando atas sebagai bahan masukan pada pimpinan dalam menentukan kebijakkan selanjutnya,” jelas Dansatpom.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel