Berita

Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2013 di Kalselteng

Dibaca: 16 Oleh 12 Mar 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., menghadiri acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Tahun 2013 Melalui E-filling. Bertempat di Ballroom Hotel Mercure Banjarmasin, Selasa (11/3). 

Penggunaan aplikasi elektronik SPT sangat perlu di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, dimana hampir semua kegiatan terfokus pada perangkat elektronik. Selain itu, sebagai wujud pelayanan kepada kebutuhan pelanggan agar sistem pelaporan dapat lebih mudah dan efisien dalam pelaksanaannya. Penggunaan perangkat elektronik juga dapat mengurangi penggunaan kertas. Ada satu hal mendasar yang membedakan orang-orang kebanyakan di negara maju dengan orang-orang awam di negara-negara berkembang, yaitu orang-orang di negara maju umumnya lebih peduli lingkungan, lebih go green. Semangat juang dan sikap go green bisa diterapkan di banyak aspek kehidupan, termasuk pajak. Kedepannya pajak yang go green adalah pajak yang dalam sistem pelaporannya menitikberatkan pada sistem pelaporan e-filing. 

E-filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada Website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP) yang hanya melayani penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan Formulir 1770 S dan 1770 SS. 

Baca juga:  WARGA LANUD IWJ, PERINGATI TAHUN BARU ISLAM

Ka Kanwil DJP Kalselteng Mekar Satria Utama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel beserta jajarannya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa semua pejabat dan Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan di lingkungan masing-masing untuk mengisi SPT tahunan pajak penghasilan dengan benar, lengkap, dan jelas serta menyampaikannya ke kantor pajak atau melalui pos dengan tanda bukti pengiriman surat atau dengan cara lain yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. “Untuk memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT tahunan maka dibuatlah sistem e-filing oleh direktorat jenderal pajak. Dengan e-filing wajib pajak dapat melaporkan spt tahunan kapan saja dan dimana saja, tanpa harus antri di kantor pelayanan pajak, dan tanpa terikat waktu. artinya, untuk melaporkan spt tahunan dapat dilakukan di luar jam kerja tanpa beranjak dari tempat duduk artinya bisa melalui telpon seluler, Smartphone dengan jaringan internet (24 jam)”. Ungkapnya. 

Gubernur Kalsel H. Rudy Ariffin mengatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalsel, memberi apresiasi yang besar atas terselenggaranya kegiatan ini. Dengan adanya pekan panutan penyampaian spt tahunan di lingkungan pemerintah kota Banjarmasin khususnya Provinsi Kalsel, maka pegawai negeri sipil yang notabene menjadi contoh bagi masyarakat dapat menyampaikan SPT tahunan secara tepat waktu. 

Baca juga:  Danlanud Iwj Terima Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat 18 Perwira

Acara yang dikemas secara sederhana namun apik berjalan menarik tersebut mengambil tema “Lapor Pajak Pakai E-filling, Lakas, Murah Wan Nyaman”, bertujuan untuk menggugah kesadaran warga negara untuk membayar pajak dan sebagai bentuk mensosialisasikan dan memberikan figur kepada khalayak luas bahwa kewajiban setiap warga negara salah satunya melalui pembayaran pajak, keperluan dan kepentingan dalam pemanfaatan pajak adalah untuk kemakmuran bangsa dan negara. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Kalsel H. Rudy Ariffin, Kapolda Kalsel Brigjend pol Drs. Machfud Ariffin, SH., Komandan Korem 101/Ant Kolonel Inf Suharjono, Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah, Setda Pov Kalsel Muhammad Arsyadi, Kepala Pengadilan Tinggi Kalsel Damdam Bachtiar, Walikota Banjarmasin H. Muhidin, Walikota Banjarbaru M. Ruzaidin Noor, Bupati Banjar H. Gusti (P) Khairul Saleh, Pemimpin umum Banjarmasin Post Group H. Gusti (P) Rusdi Effendi dan para unsur Muspida Tk. I dan Tk. II serta para undangan lainnya. 

Pada kesempatan tersebut Danlanud SAM berkesempatan untuk mencoba langsung cara Penyampaian SPT Tahunan 2013 Melalui E-filing dan memasukkan kedalam Drop Box SPT yang telah disediakan.

Baca juga:  Komandan Lanud Sugiri Sukani Bertindak Sebagai Dansubsatgas Pada Proses Evakuasi WNI ABK Diamond Princess Cruise di BIJB Kertajati

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel